• Breaking News

    Server On-Site atau Berpindah ke Cloud

    Cloud server memiliki banyak manfaat, namun ada argumen kuat yang mengatakan untuk tetap menjaga server on-site. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa argumen tersebut.

    Apakah Anda berpikir untuk memindahkan beberapa atau semua server Anda ke cloud? Meskipun ada alasan bagus untuk mengadopsi cloud server, ada juga argumen kuat yang mengatakan untuk tetap menjaga physical machines server on-site.

    Server hosting di cloud memiliki daya tarik tersendiri. Server dapat digunakan dengan cepat dan efisien ketika Anda memerlukannya untuk mendukung proyek yang mendesak. Server hosting dapat ditingkatkan berdasarkan kebutuhan bisnis dan umumnya memerlukan investasi cloud yang rendah.

    Namun, perusahaan harus mempertimbangkan untuk mempertahankan sejumlah server on-site untuk satu alasan utama yaitu mereka dapat memiliki kontrol atas server dan data perusahaan serta aplikasi yang mereka host.

    Hindari latency

    Mempertahankan server on-site di counter akan membuat beberapa masalah umum yang terkait dengan cloud server seperti latency. Dengan mengakses data dan aplikasi yang tersimpan di server on-site, pengguna dapat melewati lag yang sering terjadi saat menunggu data melakukan proses antara router dan jaringan yang berbeda sebelum menjangkau mereka.

    Latency semakin meningkat, jika bisnis Anda tidak memiliki bandwidth yang dibutuhkan untuk mendukung volume data yang dikirim melalui jaringan. Jika koneksi internet Anda tidak dapat mengatasi jumlah data yang dikirim, maka Anda harus meningkatkan kebutuhan bandwidth Anda. Anda dapat membeli link khusus ke cloud server, namun harganya mahal.

    Bahaya lain ketika memindahkan semua server Anda ke cloud adalah jika koneksi internet Anda turun, Anda akan kehilangan semua akses ke server dan data Anda serta aplikasi yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Sementara server on-site dapat mengalami masalah yang sama jika Anda memiliki sistem eksternal, dan sistem internal Anda tetap dapat berfungsi melalui jaringan Anda.

    Melindungi data rahasia

    Organisasi yang berhubungan dengan informasi yang sensitif seperti pemerintahan dan organisasi kesehatan serta perusahaan jasa keuangan bisa menjadi lebih baik dengan server on-site. Sementara cloud server secara keseluruhan sangat aman, tetapi selalu ada risiko pelanggaran apakah Anda meng-host di cloud pribadi atau publik. Menjaga data rahasia pada server fisik in-house berarti Anda dapat menerapkan kebijakan keamanan Anda sendiri dan Anda dapat bertindak cepat jika terjadi pelanggaran.

    Menyesuaikan infrastruktur server Anda

    Jika server Anda on-site, maka Anda dapat membangun infrastruktur yang di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini tidak selalu dengan solusi cloud host dengan harga yang mahal. Anda juga dapat meningkatkan infrastruktur server Anda saat perusahaan Anda tumbuh atau berubah. Misalnya, Anda dapat dengan mudah menyediakan virtual server pada physical machines.

    Evolusi teknologi dan harapan pada akhirnya berhasil memanfaatkan kekuatan cloud untuk memperluas jangkauan ide-ide baru tentang komunikasi, kolaborasi, dan pekerjaan di masa depan.

    Sumber:
    https://www.techrevolution.asia/keep-site-servers-move-cloud/


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad