• Breaking News

    Smart City Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi


    (RIAUPOS.CO) - TEKNOLOGI cerdas menjadi begitu penting pada saat ini. Di mana ada berbagai kemudahan serta keuntungan, jika dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak. Termasuk juga dengan melakukan tata kelola pemerintahan. Setidaknya hal itulah yang saat ini dijalankan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan. 

    Melalui Smart City yang Madani, Pemko membuat sebuah program kusus yang untuk peningkatan ekonomi. Yakni Smart Economy yang diharapkan mampu menciptakan berbagai inovasi serta kreativitas. Pemko pun menamai program tersebut dengan Smart Economy yang Mandiri Tangguh Berdaya Saing (Mantabs). Seperti yang diungkapkan oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT, Jumat (24/11).

    “Smart Economy merupakan, program ekonomi yang kami canangkan dengan berbasiskan ekonomi kerakyatan dan padat modal. Tumbuh melalui kekuatan inovasi dan kreativitas yang melahirkan produk barang dan jasa berkualitas. Memiliki potensi sehingga membentuk masyarakat yang Mantabs,” ujar wali kota menjelaskan.

    Lebih jauh disampaikan Firdaus, selain Mantabs pihaknya juga memprioritaskan program untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi. Seperti peningkatan sumber daya manusia (SDM) sehingga terciptanya masyarakat yang kreatif, inovatif dan berdaya saing. 

    Karena untuk penunjang program Smart Economy, selain program unggulan juga diperlukan SDM yang smart (cerdas, red). Tidak hanya dari masyarakatnya, juga kepada peningkatan SDM yang bekerja di Pemko Pekanbaru. Baik aparatur sipil negara (ASN) ataupun honorer.

    Bahkan hingga akhir tahun ini tercatat pertumbuhan ekonomi di Pekanbaru meningkat mencapai angka 8,93 persen. Dimana angka tersebut berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu tentunya, lanjut Wako tidak terlepas dari buah kerja keras dari Pemkot Pekanbaru menjalankan program Smart City yang telah mulai digerakkan sejak pertengahan tahun lalu.

    Diketahui sebelumnya, Kota Pekanbaru sempat meraih penghargaan bergengsi di tingkat Nasional yakni Indonesia Attractiveness Award 2017. Penghargaan tersebut menobatkan Pekanbaru sebagai salah satu Kota Terbaik di Indonesia. Yang meliputi sektor investasi, infrastruktur, layanan publik, dan pariwisata. Hal itu menurut Firdaus juga tidak terlepas dari program Smart Economy.

    “Alhamdulillah, beberapa waktu lalu kita kembali tercatat sebagai salah satu kota terbaik  di negara ini.  Empat  sektor penilaian yaitu sektor investasi, infrastruktur, layanan publik, dan pariwisata. Ini menunjukkan cita-cita kami mewujudkan Pekanbaru menjadi Smart City Madani mulai menunjukkan keberhasilan. Kota yang nyaman dan aman untuk berinvestasi dan membuka usaha,’’ ujarnya.

    Sumber:
    http://riaupos.co/167389-berita-smart-city-dongkrak-pertumbuhan-ekonomi.html#.Wi9MN9_I7Qo

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad