• Breaking News

    Desa Loram Wetan Kudus Jadi Pilot Project Desa Cerdas

    Desa Loram Wetan Kudus Jadi Pilot Project Desa Cerdas

    TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pameran inovasi  yang digelar Pemkab Kudus akan disertai peluncuran Desa Cerdas dan Command Center.

    Apa itu Desa Cerdas dan Command Center? Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Agung Karyanto mengatakan, ‘Desa Cerdas’ merupakan implementasi dari penandatanganan kerjasama antara Bupati Kudus dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) beberapa waktu yang lalu.  Acara ini juga akan dihadiri oleh peneliti senior dari LIPI, yaitu Prof DR. R Siti Zuhro pada Kamis (21/12).

    “Di mana pada kesempatan tersebut akan di-launching pilot project desa cerdas yaitu Desa Loram Wetan Kecamatan Jati. Gerakan Desa Cerdas merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Bupati Kudus DR H Musthofa SE MM untuk mewujudkan impian besar Kudus menjadi Paku Buminya Pendidikan di Indonesia,” kata Agung, Senin (18/12).

    Model dan Gerakan Desa Cerdas, jelasnya, ke depan akan diduplikasikan ke seluruh desa di wilayah Kabupaten Kudus.

    “Cita – cita inilah yang akan menjadi peninggalan sejarah dan paling berharga bagi masyarakat Kudus dari Bupati dua periode ini, yaitu investasi sumber daya manusia,” katanya.

    Sementara untuk Command Center, jelas dia, merupakan bagian dari visi untuk mewujudkan Kudus sebagai Smart City. Di mana melalui Command Center, kata dia, diharapkan masyarakat dapat mengakses semua informasi.

    “Yang dibutuhkan masyarakat. Semua pelayanan keluhan atau komplain masyarakat pun akan tertangani dengan baik yang terkoneksi dengan aplikasi Menara (Menjaga Amanah Rakyat) yang dapat di-downloadsecara gratis di playstore,” kata dia.

    Di command center juga disediakan display Closed Circuit Television (CCTV)  yang dapat memantau seluruh sudut wilayah Kota Kudus melalui layar lebar dan display produk UKM warga untuk memperkenalkan produk asli masyarakat Kudus.

    “Bersama-sama (pembukaan pameran, command center dan desa cerdas) akan di-launching Bapak Bupati DR H. Musthofa, Kepala LAN (Lembaga Administrasi Negara) RI DR Adi Suryanto, M.Si dan Peneliti Senior LIPI Prof DR. R. Siti Zuhro,” katanya. 

    Sumber:
    http://jateng.tribunnews.com/2017/12/19/desa-loram-wetan-kudus-jadi-pilot-project-desa-cerdas

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad