• Breaking News

    Dukung Jakarta Smart City, PLN Pindahkan Kabel Jaringan Tegangan Rendah ke Dalam Tanah


    WARTA KOTA, PALMERAH - Tidak hanya harus pintar dan ramah terhadap warganya, smart city yang disandang DKI Jakarta selayaknya juga harus indah dipandang mata.

    Pesan itu disampaikan General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) M Ikhsan Asaad, dalam peresmian dimulainya pilot project pemindahan kabel PLN jaringan tegangan rendah (JTR) ke dalam tanah, di kawasan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).

    Peresmian tersebut merupakan bentuk komitmen PLN mendukung gerakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewujudkan konsep smart city. Sehingga, menurutnya, tidak hanya lebih aman, pemindahan kabel udara tersebut dapat meningkatkan estetika, khususnya kawasan VVIP ibu kota.


    "Kami berkomitmen mendukung program pemerintah Jakarta, salah satunya dengan memulai memindahkan kabel-kabel jaringan tegangan rendah ke dalam tanah. Selain untuk estetika kota, penataan utilitas seperti ini juga aman untuk masyarakat," jelasnya dalam siaran tertulis.

    Terkait hal tersebut, pihaknya menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Bina Marga, Dinas Perindustrian dan Energi, serta Satuan Polisi Pamong Praja, selama menjalankan proses pemindahan. Sinergi dengan instansi terkait tersebut diharapkannya dapat mempercepat proses penyelesaian dan keamanan lingkungan kerja.

    Kawasan pertama yang menjadi pilot project pemindahan kabel JTR ini adalah area Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.


    Sebagai kawasan pusat pemerintahan, jalur pemindahan kabel di jalur VVIP ini mencakup 175 pelanggan dengan persebaran Jalan Medan Merdeka Selatan sebanyak 20 pelanggan, Jalan Medan Merdeka Timur 102 pelanggan, Jalan Medan Merdeka Barat 37 pelanggan, dan Jalan Medan Merdeka Utara 16 pelanggan.

    PLN Disjaya akan memindahkan kabel sepanjang kurang lebih 200 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp 80 miliar pada 2018.

    Lokasi pemindahan kabel udara yang berada di tiang atau biasa disebut dengan Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) ke dalam kabel tanah yang biasa disebut dengan Saluran Kabel Tegangan Rendah (SKTR), akan dilakukan di beberapa titik lokasi, antara lain Jakarta Selatan meliputi Jalan Melawai, Jalan Bulungan, Jalan Mahakam, Jalan Iskandarsyah dan Jalan Kalibata.


    Sedangkan wilayah Jakarta Pusat meliputi Jalan Tanah Abang, Jalan Suryopranoto, Jalan Balik Papan, Jalan Kyai Caringin, dan Jalan Bungur Raya. Wilayah Jakarta Barat meliputi Rusun Pesakih Daan Mogot dan Jalan Daan Mogot Perumahan Victoria sampai Simpang Perempatan Cengkareng. Wilayah Jakarta Utara meliputi Jalan Pluit Muara Karang.

    Sumber:
    http://wartakota.tribunnews.com/2017/12/16/dukung-jakarta-smart-city-pln-pindahkan-kabel-jaringan-tegangan-rendah-ke-dalam-tanah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad