• Breaking News

    Palembang Siapkan 'Kota Cerdas' untuk Dukung Asian Games


    REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Kota Palembang menyiapkan pusat komando kota cerdas "smart city" untuk menunjang peran sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018. Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang, Sherly Nasution di Palembang, Senin, mengatakan pemkot memproyeksikan gedung "Command Center" di lantai III Balai Kota Setda Palembang.

    "Saat ini sedang penyelesaian akhir," kata dia.

    Untuk menunjang kebutuhan "Command Center" dan Data Center, pemkot telah menggelar tiga workshop ke para pemangku kepentingan. Workshop pertama membahas tentang keamanan jaringan, yang kedua tentang pelayanan prima dan yang ketiga ini tentang pengelolaan data center.

    Dalam Smart City, ia menerangkan, "command center" ini nanti akan mengintegrasikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) satu dengan yang lainnya. Setiap OPD akan terintegrasi dalam satu 'command center' dalam cakupan besar.

    ''Misalnya untuk OPD seperti Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),'' kata Sherly. 'Pada intinya memudahkan kami mendapatkan data.''

    Wali Kota Palembangm Harnojoyo mengatakan menjelang Asian Games, pemerintah menyiapkan pusat kontrol penanganan krisis yang lebih modern yang menyuguhkan data akurat dan 'realtime' sehingga langkah-langkah teknis di lapangan dapat dilakukan dengan cepat. "Target tahun ini harus sudah jalan," kata dia.

    Sumber:
    http://www.republika.co.id/berita/olahraga/arena-olahraga/17/12/18/p15x61257-palembang-siapkan-kota-cerdas-untuk-dukung-asian-games

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad