• Breaking News

    Smart City : Monitor Kualitas Udara dengan IoT

    Monitor Kualitas Udara dengan IoT



    BARU-BARUini WHO memperkirakan jumlah korban tewas tahunan akibat polusi udara mencapai 7 juta orang dan terus meningkat.

    Polusi udara merupakan satu-satunya risiko kesehatan lingkungan terbesar di dunia, terutama di kota-kota besar. Nah , melalui Airbox Smart Air Quality Monitoring Solutions, Edimax Technology membuat solusi pemantauan kualitas udara menggunakan sistem pengindraan lingkungan IoT. Bentuknya terbilang kecil, tetapi kemampuannya besar. Airbox dirancang untuk mengatasi masalah polusi udara global akibat produksi massal, industri berat, pembakaran bahan bakar fosil, serta penggunaan bahan kimia.

    Caranya, Airbox mengumpulkan data lingkungan yang masif serta mengidentifikasi sejumlah partikel/zat berbahaya, termasuk PM2,5. Karena itu, Edimax menyebut bahwa Airbox merupakan perangkat ideal untuk mengumpulkan data pemantauan kualitas udara. Datanya pun dapat diakses secara real-time lewat aplikasi EdiGreen secara gratis. AirBox AI-1001W V2 telah dirilis di kota-kota di seluruh Taiwan dan Korea Selatan. Alat ini digunakan masyarakat umum, perusahaan swasta, pemerintah, dan institusi kesehatan untuk menilai kualitas udara yang buruk.

    Sistem pemberitahuan notifikasi Push menginformasikan kepada pengguna peringatan langsung saat level udara mencapai PM2,5 serta suhu atau kelembapan mencapai tingkat yang lebih tinggi. Menariknya, pemberitahuan dan data dapat diakses secara real-time , terintegrasi dengan Google Maps, dan tersedia API untuk analisis pihak ketiga atau pengembangan perangkat lunak.
    sumber: http://koran-sindo.com/page/news/2017-07-25/4/1/Monitor_Kualitas_Udara_dengan_IoT

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad