• Breaking News

    Kota Magelang Kukuhkan Gelar 'Smart City' dengan Aplikasi 'Magelang Cerdas'


    TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kota Magelang terus berkomitmen untuk menjadikan Kota Sejuta Bunga tersebut menjadi Kota Cerdas atau Smart City di Indonesia. Satu upaya yang dilakukan dengan meluncurkan aplikasi mobile 'Magelang Cerdas'.

    Melalui aplikasi ini, masyarakat tak hanya dapat mengetahui info pariwisata, agenda pariwisata, akomodasi baik hotel dan toko oleh-oleh di Kota Magelang, tetapi juga akses layanan publik lain seperti layanan perizinan, bahkan layanan kesehatan.

    Aplikasi 'Magelang Cerdas' sendiri dikembangkan oleh PT Gamatechno Indonesia, sebuah perusahaan pengembang platform smart city asal Yogyakarta.
    Tujuannya agar masyarakat dapat mengakses layanan publik secara mudah dan praktis dalam satu aplikasi.

    "Melalui aplikasi ini, segala kemudahan layanan publik dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat, cukup dalam satu aplikasi pada ponsel, mereka dapat mengakses mulai layanan perizinan, hingga kesehatan, dan juga informasi lainnya," ujar Nanang Ruswiyanto, General Manager Multimedia Group, PT Gamatechno Indonesia, Kamis (9/2/2018).

    Cara kerja aplikasi Magelang Cerdas ini cukup mudah.

    Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi 'Magelang Cerdas' di Play Store secara cuma-cuma, lalu menginstalnya di ponsel mereka. Sesudahnya, masyarakat tinggal menggunakan fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut.

    Masyarakat dapat melakukan pelacakan progres perizinan, cukup dengan memasukkan nomor permohonan perizinan yang mereka ajukan. Dari sana diperoleh informasi estimasi waktu permohonan izin, tanggal survei, hingga detail jenis permohonan dan petugas survei perizinan.

    "Fitur ini terintragasi langsung dengan sistem perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang. Jadi dapat langsung diketahui bagaimana permohonan perizinan yang mereka lakukan," kata Nanang.

    Melalui fitur tersebut, masyarakat dapat mudah mengakses informasi layanan kesehatan dan stok darah yang tersedia.

    "Semuanya dalam satu aplikasi, mudah dan praktis. Fitur juga tersedia dengan lengkap, dari layanan perizinan sampai layanan kesehjatan," tutur Nanang.
    Aplikasi mobile “Magelang Cerdas” ini sendiri telah diresmikan tanggal 24 Mei 2017 oleh Wali Kota Magelang, Ir Sigit Widyonindito dan terus dilakukan pembaruan.

    Penerapan teknologi ini pun berdampak positif dengan diraihnya penghargaan untuk Kota Magelang sebagai sebagai kota cerdas kategori kota kecil pada Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) oleh Insitut Teknologi Bandung tahun 2017.
    Selain Magelang beberapa kota lainnya seperti Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Sleman, Bantul dan Surakarta juga menggunakan layanan serupa.
    Melalui aplikasi ini diharapkan dapat membantu optimalisasi promosi wisata dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mengakses layanan publik.

    Sumber:
    http://jogja.tribunnews.com/2018/02/08/kota-magelang-kukuhkan-gelar-smart-city-dengan-aplikasi-magelang-cerdas?page=2

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad