Walikota Pekanbaru Paparkan Trik Jitu Wujudkan Smart City Madani


Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT memaparkan trik jitu untuk wujudkan Smart City Madani yang menjadi visi dan misi pemerintah Kota Pekanbaru kepada 24 Walikota beserta jajarannya dalam acara Muskomwil I Apeksi.

Riauterkini - PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT memaparkan trik jitu untuk wujudkan Smart City Madani yang menjadi visi dan misi pemerintah Kota Pekanbaru kepada 24 Walikota beserta jajarannya dalam acara Muskomwil I Apeksi yang dilaksanakan di ballroom Hotel Aryaduta Pekanbaru - Riau, Kamis (1/2/2018). 

Dalam penjelasannya, Walikota Pekanbaru, DR.H. Firdaus , ST MT  mengatakan   pembangunan di segala bidang dalam mewujudkan Pekanbaru smart city atau kota Pintar sudah menjadi kebutuhan. Hal itu seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi IT yang terjadi saat ini.

"Smart City yang kita dengungkan terdiri dari enam pilar. Makanya perlu diketahui dengan seksama," kata Walikota kemarin.

Dijelaskan Firdaus, keenam pilar tersebut yaitu Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar). Selain itu,  Smart Economy  (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar) Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar). 

"Oleh sebab itu pilar-pilar ini sudah menjadi sebuah kebutuhan di Kota Pekanbaru. Makanya semua komponen harus cerdas menyikapinya, sehingga pembangunan terus meningkat di masa datang," paparnya.

Ditambahkan Wako, sebagai langkah awal untuk mewujudkan pembangunan, Pemko Pekanbaru telah meluncurkan aplikasi berbasis online untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Itu langkah yang akan terus kami berikan kepada masyarakat. Hal ini kami lakukan agar pelayanan semakin cepat, tepat, akurat dan tuntas," tambah Firdaus lagi.

Demi percepatan menjadikan Pekanbaru menuju kota cerdas, Firdaus juga membuat Smart Card (Kartu pintar). Dijelaskan Walikota Pekanbaru, Firdaus   banyak kegunaan dari Smart Card ini dan bisa juga dipakai sebagai kartu ATM, Identitas, kartu prabayar dan sebagainya. 

"Kartu ini nantinya digunakan sebagai pelayanan. Seperti pelayanan di dinas pendidikan,  dinas kesehatan dan dinas perhubungan. Selain itu,  juga digunakan belanja di mall nantinya " ungkap Firdaus.

Usai pemaparan Walikota Pekanbaru tentang smart city Madani, panitia Muskomwil I Apeksi memberikan kartu smart card kepada seluruh Walikota yang hadir.

Sumber:
http://www.riauterkini.com/usaha.php?arr=130012&judul=Walikota-Pekanbaru-Paparkan-Trik-Jitu-Wujudkan-Smart-City-Madani

Posting Komentar

0 Komentar