• Breaking News

    Asyik, Sekarang Ada Sepeda Pintar Buat Mahasiswa Universitas Indonesia

    Asyik, Sekarang Ada Sepeda Pintar Buat Mahasiswa UI

    14 March 2018 by 
    Asyik, Sekarang Ada Sepeda Pintar Buat Mahasiswa UI
    Uzone.id - Di era teknologi seperti sekarang, apapun bisa dibikin “pintar”. Salah satu buktinya, sepeda pintar yang udah tersedia di Universitas Indonesia (UI).
    Perusahaan penyedia operator seluler Telkomsel mengerahkan kemampuan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) untuk mendandani layanan bike-sharing di UI.
    Kata rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis layanan bike-sharing ini udah ada sejak 2010. Namun, cara kerjanya masih manual. Mahasiswa bisa menyewa sepeda di pool tertentu, menunjukkan kartu mahasiswa ke penjaga, lalu menikmati layanan sewa sepeda itu ke tempat yang ingin dituju.
    Nah, berkat teknologi canggih ini, bike-sharing di UI jadi serba pintar. Sepeda pintar UI ini diberi nama “Spekun”, singkatan dari Sepeda Kuning. Yup, demi kesan “UI banget”, maka Spekun ini tentu berwarna kuning.
    Direktur Utama Ririek Andriansyah (kanan)
    “UI selama ini dikenal sebagai kampus hijau dan kami senang menyediakan teknologi canggih seperti ini demi memberi layanan yang ramah lingkungan,” kata Direktur Utama Ririek Andriansyah saat pembukaan kerjasama ini di UI, Rabu (14/3).
    Pasti kamu penasaran ‘kan, Spekun ini canggihnya seperti apa?
    Telkomsel turut merangkul startup bernama Benapolis untuk merancang aplikasi mobile untuk terkoneksi dengan sepeda.
    Jadi, ada tiga hal penting. Sepeda, kunci, dan parking pool. Dari penjelasan GM Business Development Telkomsel, Amelia, sepeda ini khusus dirancang dengan partner lokal Benapolis.
    Sementara kata Ririek, target di 2018 ini, kira-kira bakal ada 400 unit Spekun untuk UI.
    “Bagian paling penting tentu terletak di kunci. Kunci sepeda ini isinya tracking atau GPS, lalu ada juga chip NB-IoT dan kartu SIM Telkomsel untuk deteksi lokasi si sepeda,” jelas Amelia.
    Nah, poin penting lainnya adalah parking pool. Tahap awal sosialisasi Spekun ini, Telkomsel menyediakan tiga titik, yaitu perpustakaan, di dekat Stasiun Pondok Cina, Stasiun UI.
    “Ini bedanya dari bike-sharing negara lain. Untuk mengunci sepeda biar aman, locking-nya itu langsung ke parking pool. Jadi gak ada cerita nanti dia dicolong atau dipakai sembarangan,” lanjut Amelia.
    Kalau mahasiswa UI mau pakai layanan ini, mereka tinggal unduh aplikasi Spekun, register data berdasarkan database UI, tinggal search ketersediaan sepeda, dan scanning barcode yang ada di tiap sepeda tersebut. Maksimal penggunaan Spekun adalah 30 menit secara gratis, tis, tis...
    “Bike-sharing ini sebagai bentuk pembaruan layanan sewa sepeda yang telah ada selama ini. Selain kampus makin hijau, UI juga ingin mewujudkan smart campus yang tak cuma dari segi pembelajaran, tapi juga lingkungan,” kata Rektor Anis.

    Mau dapat pulsa gratis dari uzone.id? Simak caranya pada tautan berikut ini.
    source: https://uzone.id/asyik-sekarang-ada-sepeda-pintar-buat-mahasiswa-ui

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad