Jadi Smart City, Denpasar Dapat Tawaran Hibah 100 Wifi dan 200 CCTV


DENPASAR, kanalbali.com - Pemerintah Kota Denpasar telah sukses merancang program smart city atau kota pintar guna mempercepat pembangunan warga masyarakat perkotaan. Ini terbukti dengan perolehan peringkat pertama smart city dalam kategori Kota Sedang pada penilaian yang dilakukan sebuah lembaga. 

Dari penghargaan itu membuat beberapa pengusaha tertarik menjalin kerja sama bahkan memberikan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada Pemkot Denpasar, seperti halnya PT Tower Bersama Group (TBG). Mereka bahkan berniat akan memberikan hibah 100 Wifi dan 200 CCTV kepada Pemerintah Kota Denpasar. 

Demikian disampaikan Head Digital Smart Cluster & Mobility Development Division TBG, Nia Kurnianingsih saat Diskusi Program Smart City di Hotel Inna Bali Jalan Veteran Denpasar Kamis (29/3). Dalam diskusi ini juga dihadiri Plt Walikota Denpasar IGN Jaya Negara dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Denpasar.

Dalam  diskusi itu Nia mengatakan, untuk menumbuhkan masa depan Kota Denpasar, smart city harus terintegrasi antara smart governance, smart mobility, smart healthcare, smart people, dan smart destination. Untuk mencapai itu maka smart city harus dioptimalkan fungsi fiber optic, Wifi, dan CCTV.

"Maka dari itu kami dari TBG akan memberikan bantuan 100 Wifi dan 200 CCTV kepada Pemerintah Kota Denpasar,’’ ujarnya. Sebelumnya, pihaknya  juga pernah memberikan bantuan empat CCTV dan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar dalam mengembangkan pariwisata di Denpasar dan perkembangan sumber daya manusianya.  

Bantuan Wifi dan CCTV ini memberikan banyak manfaat bagi semua pihak baik pemerintah Kota Denpasar, warga, turis, dan TGB sendiri. Lewat konsep smart city, Pemkot Denpasar akan meng-cover seluruh kota dengan 4G dan 5G, memberikan layanan telekomunikasi bagi warga dan turis. Diharapkan, dampaknya akan meningkatkan perekonomian.

Bagi warga akan akan mendapatkan layanan internet kapan saja, di mana saja, dan diharapkan akan berdampak pada bertumbuhnya potensi ekonomi digital warga, peningkatan pelayanan publik, dan meningkatkan kualitas hidup. 

Manfaat bagi turis, mendapat kemudahan mengakses informasi resmi dari pemerintah Kota Denpasar. Sedangkan bagi TGB berpeluang untuk pengembangan B2B di wilayah Kota Denpasar, pengolahan, dan pemanfaatan Big Data, penyediaan layanan berbasis digital dari smart city dan Implementasi CSR TBG yang berbasis digital. ‘’Kemanfaatannya sangat banyak dan dapat dirasakan oleh semua pihak maka dari itu kerjasama ini bisa ditingkatkan,’’ harapnya.

Sumber:
https://kumparan.com/kanalbali/jadi-smart-city-denpasar-dapat-tawaran-hibah-100-wifi-dan-200-cctv

Posting Komentar

0 Komentar