Kulonprogo Terpilih Mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City


TRIBUNJOGJA.COM - Kabupaten Kulonprogo terpilih untuk mengikuti program Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Konsep smart city dinilai sangat strategis seiring akan hadirnya bandara internasional baru di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Rudiyatno mengatakan bahwa Kulonprogo lulus dan terpilih mengikuti program tersebut berdasarkan Surat Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo RI Nomor : B217/KOMINFO/DJAI/A1.01.05/04/2018 tanggal 9 April 2018.

Bersama Kulonprogo, ada 49 kabupayen dan kota di Indonesia yang juga akan mengikuti program itu.

Penetapan itu disebutkan melalui sejumlah proses.

Sebelumnya, Pemkab Kulonprogo diwakili Diskominfo mengikuti assessement yang dilaksanakan pada 5-7 Maret 2018 di Pusat TIK Ciputat, Tangerang Selatan.
"Kami bersyukur atas lolosnya Kulonprogo dalam program itu. Kami akan segera menindaklanjutinya dan mempersiapkan diri supaya Smart City dapat benar-benar terealisasi di Kabupaten Kulonprogo,” ujar Rudiyatno, Jumat (13/4/2018).

Smart City di Kulonprogo merupakan bentuk implementasi dari teknologi dan informasi.

Rudi menyebut, program itu sangat strategis mengingat ke depannya di Kulonprogo akan ada bandara internasional.

Pembangunan ini tentu saja akan membawa banyak perubahan mendasar. Terutama berkaitan akses pelayanan publik kepada masyarakat dan lalu lintas informasi yang semakin kencang.

"Kondisi tersebut perlu didukung dengan sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas cukup serta sarana dan prasarana yang memadai. Sama-sama kita dukung dan sukseskan Smart city di Kulonprogo,” katanya.

Pemerintah kabupaten dan kota yang dinyatakan lulus seleksi selanjutnya akan menandatangani nota kesepahaman dengan Kemenkominfo.

Bakal dilakukan pendampingan kementerian untuk implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City.

Sumber:
http://jogja.tribunnews.com/2018/04/13/kulonprogo-terpilih-mengikuti-program-gerakan-menuju-100-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar