• Breaking News

    Grobogan Terima Penghargaan Gerakan 100 Smart City

    GROBOGAN - Pemkab Grobogan mendapatkan penghargaan gerakan menuju 100 Smart City dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, belum lama ini. Selain Grobogan, sebanyak 49 kabupaten/kota lainnya mendapatkan penghargaan serupa.

    Penghargaan diserahkan Dirjen Aplikasi Informasi Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangarep kepada Sekretaris Daerah Grobogan Moh Sumarsono di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang Selatan, Banten. Sumarsono, kemarin mengatakan, Pemkab Grobogan juga mendapatkan satu penghargaan lain yang berkaitan dengan gerakan menuju 100 smart city, yakni meraih juara favorit lomba video smart city versi aplikasi Tik Tok.

    Menurutnya, gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. ”Gerakan tersebut bertujuan untuk membimbing kabupaten atau kota dalam menyusun rencana utama Smart Cityagar lebih memaksimalkan teknologi, baik dalam pelayanan masyarakat maupun mengakselerasi potensi di masingmasing daerah,” ujarnya.

    Di jelaskan, kabupaten atau kota dapat dikatakan Smart City jika di dalamnya lengkap dengan infrastruktur dasar, juga memiliki sistem transportasi yang lebih efisien dan terintegrasi, sehingga bisa meningkatkan mobilitas masyarakat. Sumarsono menjelaskan, dalam Pasal 386 UU No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, menuntut daerah untuk melakukan pembaruan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

    Pembaruan itu dilakukan dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. ”Untuk mengimplementasikan itu, Pemkab Grobogan berkewajiban menyelenggarakan bimbingan teknis sebanyak empat kali. Dalam bimbingan tersebut, disusun rencana utama yang dilakukan empat tahap. Kami sudah menganalisis kesiapannya dengan rencana jangka pendek, menengah, dan panjang,” paparnya. 

    Sumber:
    https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/153697/grobogan-terima-penghargaan-gerakan-100-smart-city

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad