• Breaking News

    Implementasi Smart City Kota Jambi Kembali Menoreh Prestasi


    TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kiprah duet kepemimpinan Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, bersama wakilnya DR. dr. H. Maulana, MKM dalam membangun dan mengimplementasikan kota pintar (smart city) di Kota Jambi, kembali menoreh prestasi.

    Kali ini, apresiasi diberikan oleh salah satu majalah nasional terkemuka yang bergerak dalam bidang IT dan telekomunikasi, IT Works, yang menginisiasi Event TOP IT & TELCO 2018. Event inipun terselenggara bekerjasama dengan beberapa asosiasi TI TELCO dan Konsultan TI Independen di Indonesia.

    Acara puncak kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan IT & TELCO terbesar dan paling kredibel di Indonesia tersebut, berlangsung di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jakarta, Kamis, 6 Desember 2018 lalu. Beberapa Menteri, Gubernur, Walikota, Bupati, dan Para CEO serta IT Manager, hadir dalam kegiatan ini untuk menerima penghargaan bergengsi tersebut.

    Kota Jambi pada malam penganugerahan tersebut berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus. Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME meraih penghargaan Top Leader on IT Leadership 2018 dan Top IT Improvement 2018.

    Penilaian penghargaan tersebut pun dilakukan secara obyektif dan independen oleh para pakar IT yang tergabung di beberapa asosiasi IT dan Telekomunikasi, yang telah menilai Kota Jambi beberapa waktu lalu.

    TOP IT & TELCO 2018 ini, merupakan event tahunan yang ke-5, sejak pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2014. Ini untuk kedua kalinya Kota Jambi dianugerahi penghargaan dalam ajang penghargaan tersebut.

    Seusai prosesi penganugerahan, Wali Kota Fasha di depan awak media mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dan pengakuan pemerintah pusat dan pihak luar akan eksistensi implementasi smart city di Kota Jambi.

    "Alhamdulillah, untuk kedua kalinya Kota Jambi meraih penghargaan IT Telco, setelah tahun lalu kita meraih penghargaan yang sama. Namun yang berbeda untuk tahun ini kota meraih 2 kategori penghargaan yang berbeda. Penghargaan ini adalah wujud apresiasi dan penghargaan pemerintah pusat dan pihak swasta lainnya terhadap implementasi smart city yang sudah ada dan berjalan di Kota Jambi saat ini. Kami ucapkan terima kasih kepada ASN Pemkot Jambi, masyarakat dan stake holder lainnya yang telah mendukung Pemkot Jambi selama ini," ujar Wali Kota Fasha.

    Wali Kota Fasha pun mengungkapkan bahwa Pemkot Jambi siap dalam memasuki dinamika baru di era digital, industri 4.0. Menurutnya, dirinya beserta jajaran Pemkot Jambi akan terus melakukan implementasi dan inovasi dibidang TI dan Telekomunikasi.

    "Internet of Thing (IoT), Big data, Blockchain, Cloud computing, Artificial Intelligence (AI), Digital smart concept, Financial technology (fintech) serta beberapa tren baru lainnya, terus berkembang. Kita akan terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas ASN dan masyarakat dalam menghadapi dinamika baru ini. Harapan kita, akan tumbuh daya saing dan daya juang masyarakat di masa depan," pungkasnya.

    Sebagaimana diketahui bahwa saat ini Kota Jambi memang telah bertransformasi sebagai kota yang mengimplementasikan komsep smart city dengan baik di Indonesia. Berbagai kegiatan pemerintah dan pelayanan publik telah diimplementasikan dalam bentuk aplikasi pelayanan berbasis teknologi informasi.

    Pemkot Jambi saat ini telah meluncurkan 14 aplikasi guna menunjang kinerja Pemerintah Kota Jambi dan pelayanan publik. Tidak salah kiranya Kota Jambi terpilih sebagai salah satu dari 25 daerah percontohan (pilot project) impelemntasi Smart City di Indonesia.

    Sumber:
    http://jambi.tribunnews.com/2018/12/10/implementasi-smart-city-kota-jambi-kembali-menoreh-prestasi

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad