Jepara Raih Penghargaan Smart City


Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menerima penghargaan Smart City dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara. Penghargaan diterima Sekretaris Daerah, Sholih, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara, Yoso Suwarno menyampaikan, sebelum menerima penghargaan ini, sekretaris daerah Kabupaten Jepara memaparkan masterplan Jepara Smart City di hadapan para asesor yang terdiri atas pakar dan praktisi dari berbagai perguruan tinggi.

"Masterplan Jepara Smart City ditopang enam pilar yang menitikberatkan pembangunan berbasis potensi lokal serta kearifan lokal," ujar Yoso, Sabtu, 15 Desember 2018.

Yoso menguraikan, enam pilar tersebut terdiri dari smart goverment, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment. Masterplan ini diharapkan menjadi pedoman dan panduan bagi semua pihak, untuk bersama-sama dan bergerak bersama dalam mewujudkan Jepara yang semakin maju, bermartabat, sejahtera, nyaman, dan bahagia. 

"Masterplan ini akan dievaluasi oleh pemerintah pusat secara periodik untuk menilai progres capaiannya. Juga dampaknya terhadap kehidupan masyarakat," kata Yoso.

Selain Jepara, total terdapat 50 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan ini. Daerah-daerah ini tergabung dalam Gerakan Menuju 100 Smart City yang ditargetkan akan terpenuhi tahun 2019.

“Pada tahun 2017 sudah terpilih 25 kabupaten/kota,” ucap Yoso.

Konsep smart city, ditambahkan Yoso, pemerintah harus berubah dalam menyelenggarakan pelayanan publik seiring dengan perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat. Penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dengan memanfaatkan sumberdaya secara cerdas. 

Dengan begitu diharapkan mampu menjawab tuntutan masyarakat dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan kenyamanan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.Teknologi informatika menjadi faktor penunjang dalam memberikan pelayanan publik yang makin cepat, mudah, dan murah, sehingga penyelenggaraan tata kelola pemerintahan akan semakin efisien dan efektif.

Di era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan Internet of Things (IoT), pemerintah terus berupaya mendorong peningkatan layanan koneksi internet yang semakin merata dan semakin cepat dalam rangka pemerataan hasil-hasil pembangunan.

Masterplan smart city yang telah disusun, diharapkan menjadi panduan cerdas bagi pemerintah kabupaten/kota dalam melaksanakan pembangunan di daerah dan menjadi akselerator terwujudnya kesejateraan masyakat.

Sumber:
http://jateng.metrotvnews.com/peristiwa/MkMBdOmK-jepara-raih-penghargaan-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar