• Breaking News

    Dipacu Program Smart City

    Surabaya - Gencarnya pengembangan sistem smart city oleh pemerintah daerah bakal mendorong pertumbuhan industri teknologi informasi (TI) di Jawa Timur. Tahun ini industri TI diprediksi tumbuh 15-20 persen. Kartu Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Jatim Okky Tri Hutomo menjelaskan, selama ini penyumbang terbesar penjualan TI seperti komputer, laptop, hingga software berasal dari sektor pemerintahan. Kontribusinya 60-70 persen.

    Sisanya diperoleh dari ritel atau end user. Kami yakin nanti setelah pemilu pemerintah akan lebih agresif memanfaatkan teknologi sebagai program kerja. Itu seiring dengan revolusi industri 4.0 yang sangat kental dengan perangkat teknologi. " ujarnya kemarin (15/1).

    Okky mengatakan, beberapa wilayah di Jatim cukup potensial untuk meningkatkan penjualan TI. Antara lain, Kediri, Madiun, Ponorogo, Tuban, dan Lamongan. Daerah-daerah tersebut kini menjajaki sistem e-government sehingga berpeluang mengerek pendapatan bisnis TI."Kalau seperti Jember, Malang, atau Banyuwangi, sudah lebih dulu mengembangkan layanan-layanan yang berbasis teknologi," lanjutnya.

    Selain itu, perkembangan industri kreatif tanah air yang pesat diyakini akan membawa dampak positif. Manurut Okky, pasti banyak generasi milenial di dunia kreatif yang membutuhkan komputer, laptop, atau sistem tertentu demi menunjang pekerjaan mereka.

    Sumber : JawaPos 
    Tanggal : 16 Januari 2019

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad