• Breaking News

    Diskominfo Singkawang Akan Wujudkan Smart City Tahun 2019


    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sekretaris Dinas Kominfo Kota Singkawang Istri Handayani menuturkan program smart city merupakan program prioritas yang akan direalisasikan oleh pemerintah kota singkawang. 

    Salah satu yang menjadi langkah awalnya untuk mewujudkan smart city, Pemerintah Kota Singkawang melalui diskominfo akan mewujudkan kota pintar atau smart city dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari. 

    "Integrasi teknologi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, membagikan informasi kepada publik, hingga memperbaiki pelayanan kepada masyarakat ataupun meningkatkan kesejahteraan warga," ujar Istri Handayani Rabu (2/12/2018)

    Ia mengatakan dalam waktu yang relatif dekat kedepan sebagai sebuah langkah awal akan menyusun Master Plan lT guna mengawali realisiasi smartcity. Hal itu dilakukan agar lebih terencana dan terarah baik dalam pengadaan hardware dan softwarenya maupun dalam mengimplementasikannya.

    Selain Master Plan IT Pemerintah Kota Singkawang perlu menyediakan infrastruktur teknologi informasi sebagai langkah awal mewujudkan smart city.

    Dengan infrastruktur yang memadai, diharapkan segera bisa membuat semacam data center atau command center.

    "Hal itu ditargetkan pada tahun anggaran 2019 dapat diwujudkan," ujarnya. 

    Kendati demikian terdapat tantangan lain yang harus dihadapi adalah mempersiapkan masyarakat untuk menerima perubahan ke arah digitalisasi mengingat tujuan pengembangan smart city adalah memudahkan pelayanan pada masyarakat.

    "Ketika pihak pemerintah sudah menghadirkan layanan berbasis teknologi informasi, masyarakat pun harus sudah siap memanfaatkannya agar pelayanan yang diberikan bisa maksimal," ujar Istri Handayani. 

    Dirinya menambahkan dengan terwujudnya Smart City di Kota Singkawang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

    Sumber:
    http://pontianak.tribunnews.com/2019/01/02/diskominfo-singkawang-akan-wujudkan-smart-city-tahun-2019

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad