• Breaking News

    Ribuan UMKM Diundang Berkompetisi di Industri 4.0

    Jakarta: The Big Start (TBS) Season 4, kompetisi wirausaha tahunan bagi UMKM kembali digelar. Ribuan creativepreneur muda diundang untuk mendapatkan pendanaan sekaligus pembinaan menghadapi tantangan bisnis digital dalam industri 4.0.
    Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian mengatakan sektor UMKM saat ini tercatat telah menyumbang 60,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional. Besarnya industri kreatif tersebut perlu dimaksimalkan agar potensi pertumbuhan tetap berkelanjutan.
    "Besarnya kontribusi usaha kreatif bagi PDB Indonesia menunjukan bahwa para creativepreneur muda mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional," kata Andy dalam sambutannya, di The MAJ Senayan Golf, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2019.

    Menurutnya, kompetisi TBS ini sengaja digelar untuk terus meningkatkan kapabilitas serta ambisi usaha-usaha kreatif Tanah Air menembus pasar internasional. Tahun ini, ditargetkan 6 ribu peserta UMKM dengan produk berkualitas bisa ikut berpartisipasi memperebutkan total pendanaan sebesar Rp1,3 miliar.

    "Agar semakin mendorong potensi creativepreneur, Blibli.com berkomitmen untuk memainkan perannya sebagai mal online dalam meningkatkan kapasitas mereka untuk memenangkan pasar," ungkapnya.

    Para pemenang akan mendapat prioritas untuk ikut berpartisipasi dalam pameran di luar negeri. Menurut Andy, pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah setuju memberikan dukungan agar produk kreatif lokal tersebut bisa tampil dalam pameran di Eropa maupun Amerika.

    "Mereka akan dapatkan seluruh pendampingan dan dibina oleh para ekspert yang memberikan pengetahuan bagaimana mejalankan bisnis mencapai kesuksesan. Kami juga coba gabungkan brand terkenal dengan UMKM baru," ungkapnya.

    Para peserta bisa mendaftar secara online melalui situs resmi TBS hingga batas akhir di Agustus 2019. Para UMKM di kota besar lainnnya seperti Bandung, Yogyakarta dan Surabaya juga bisa langsung mendaftar pada saat acara roadshow.

    Andy menambahkan kurasi peserta menjadi kunci utama dalam kompetisi dengan empat kategori yakni fesyen, kuliner, kesehatan dan kecantikan, serta kriya ini. Dari ribuan peserta yang mendaftar nantinya hanya akan ada 100 UMKM terbaik yang akan langsung diberikan program pendampingan oleh tim Galeri Indonesia.

    "Selanjutnya akan dipilih top 20 usaha kreatif yang akan diberikan pelatihan secara intensif selama seminggu mengenai marketing dan branding, public speaking, financial planning aspek hukum dan keterampilan pemasaran lainnnya. Setelah itu akan dipilih empat UMKM terbaik yang akan menerima hadiah sebagai modal usaha," tuturnya.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad