Menuju 100 Smart City Indonesia

Gerakan menuju 100 Smart City di Indonesia merupakan moment seksi yang menjadi rebutan para kepala Daerah di Indonesia. Pasalnya Gerakan ini akan mengawal Daerah-daerah yang dipilihnya untuk menjadi sebuah kota cerdas.
Kota dan Kabupaten yang mengikuti program Gerakan Menuju 100 Smart City ialah, Kota Bekasi, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Purwakarta, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kabupaten Sleman, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bandung, Kota Singkawang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Makassar, Kota Tomohon, Kabupaten Mimika, Kota Jambi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Banyuasin.
Pada tahun pertama, telah terpilih 25 kota/kabupaten yang akan mengikuti tahap pertama Gerakan Menuju 100 Smart City, elanjutnya 50 pada tahun 2018, dan 25 pada tahun 2019. diharapakan di tahun 2019 sudah terdapat 100 Kota/Kabupaten yang menjadi role model dalam implemantasi program Smart City.
program ini ditunjukkan untuk memperkuat peran ICT sebagai enabler di semua pilar Smart City dalam menciptakan ekosistem Smart
Gerakan Menuju 100 Smart City ini sendiri merupakan gagasan bersama dari Departemen Dalam Negeri, Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Kantor Staf Kepresidenan. Sedangkan tim ahli terdiri dari akademisi dan praktisi dari UI, ITB, UMN, Perbanas, Citiasia, dan berbagai institusi lainnya.
Akan tetapi dalam konteks yang lebih luas, gerakan ini diharapkan bisa menjadi payung besar dari program smart city yang ada di Indonesia, baik yang diinisiasi institusi pemerintah maupun swasta. Dengan gerakan bersama dan terkoordinasi, Gerakan Menuju 100 Smart City diharapkan bisa menjadi embrio yang membentuk kota-kota di Indonesia sebagai kota yang ramah bagi warga sekaligus mampu menjawab tantangan di masa depan..
sumber : https://apic.city/2017/10/12/ada-100-kota-atau-kabupaten-di-indonesia-yang-mengikuti-program-smart-city/

Posting Komentar

0 Komentar