Dukung Smart City di Kota Cirebon, Aplikasi iCirebon dan e-Presensi Siswa Diluncurkan


AboutCirebon.id ,- Mendukung program Smart City di Kota Cirebon, aplikasi iCirebon dan e-Presensi Siswa diluncurkan di SMP Negeri 6 Kota Cirebon, Jalan Elang Raya No. 1, Kota Cirebon, Kamis (8/2/2018).

Ketua Tim Pelaksana Smart City Kota Cirebon, Iing Daiman, S.Ip, M. Si, menjelaskan, iCirebon merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dapat diakses melalui android oleh semua orang. Sedangkan, e-Presensi Siswa merupakan aplikasi langganan sms blast bagi orang tua atau wali yang ingin memperoleh informasi waktu kedatangan dan kepulangan siswa atau anak mereka saat di sekolah.

“Biaya e-Presensi hanya Rp 6 ribu/bulan dari pemotongan pulsa telepon orangtua siswa/wali,” ujar Iing.

Kata Iing, pengguna dan kepesertaan aplikasi ini sifatnya tidak wajib. Hanya untuk orang tua atau wali yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk berlangganan.  

"Kedua aplikasi tersebut merupakan hasil kerja sama dengan PT Indosat Tbk (Ooredoo)," bebernya.

Peluncuran aplikasi  tersebut berbarengan juga dengan diresmikannya free WiFi Corner dan Free Hotspot di sekolah serta menyediakan akses internet gratis di area publik.

“Saat ini sudah terpasang di 4 titik, diantaranya di Balaikota, Sentra PKL Alun-alun Kejaksan, Gedung Kesenian Rara Santang dan Lapangan Kebon Pelok Kelurahan Kalijaga,” ungkap Iing

Lanjut Iing, sepanjang tahun ini akan ditargetkan 14 titik Free Wifi Corner, yang bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia. Sedangkan, untuk Free Hotspot sekolah saat ini akan segera dipasang di 5 sekolah di Kota Cirebon bekerja sama dengan Biznet,” jelasnya.

“Yang paling membanggakan, 4 program ini semuanya merupakan hasil kolaborasi Dewan Smart  City dan tidak menggunakan pembiayaan dari APBD Kota Cirebon,” tambahnya.

 Sementara itu Walikota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH, mengapresiasi kegiatan hari ini karena, telah melibatkan berbagai pihak dalam wadah Dewan Smart City.
Dengan kolaborasi ini, kata Azis, program Smart City Kota Cirebon tidak membebani APBD Kota Cirebon. Ini merupakan representasi dari semangat sinergitas dan kolaborasi.

"Inilah yang membedakan penerapan Smart City di Kota Cirebon dengan kota lainnya," ujarnya.

Azis berharap, agar program Smart City ini dapat lebih berkembang lagi dengan mengedepankan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.
“Saya yakin, Kota Cirebon akan lebih maju di masa yang akan datang," pungkasnya.

Sumber:
https://kumparan.com/about-cirebon/dukung-smart-city-di-kota-cirebon-aplikasi-icirebon-dan-e-presensi-siswa-diluncurkan

Posting Komentar

0 Komentar