Wakil Wali Kota Medan Buka Sosialiasi Pengintegrasian Data dan Aplikasi Terkait E-Government


TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi membuka Sosialisasi Pengintegrasian data dan Aplikasi terkait E- Government di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (22/03). Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan masing-masing OPD dalam pengintegrasian data sehingga menjadikan Kota Medan sebagai Smart City.

Dalam Sosialisasi Pengintegrasian data dan Aplikasi terkait E- Government ini diisi Narasumber dari Kementerian Kominfo RI, Perwakilan Dirjen Aplikasi Informatika Direktorat E- Government, Bambang Dwi Anggono, S.Sos, M, Eng, CEH. Hadir juga Sekda Kota Medan Ir H Syaiful Bahri Lubis, Kepala Dinas Kominfo Zain Noval SSTP, MAP dan seluruh Pimpinan OPD serta Camat se Kota Medan.

Dikatakan Wakil Wali Kota, E- Government harus terlaksana dalam sistem pemerintahan kita mengingat perkembangan teknologi yang semakin tanpa batas. Artinya bentuk pelayanan harus cepat dan hemat ruang dan waktu. Karenanya akses informasi masyarakat sudah dalam bentuk elektronik dan pemanfaatan teknologi menjadi bentuk prioritas dalam pelayanan.

"Dalam pengaplikasian E- Government, setiap data harus terintegrasi satu dengan data lainnya. Hal ini guna mewujudkan kota Medan sebagai Smart City. Artinya terintegrasinya sistem E- Government tentu akan mempermudah dan meminimalisir anggaran serta pelaksanaannya pun akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat", kata Wakil.

Dijelaskan Wakil Wali Kota, Selain Smart City, Pemko Medan juga ingin membangun Paperless manajemen. Artinya seluruh berkas yang ada akan dijadikan data yang terintegrasi, dan akan disimpan di Bank data melalui data center agar pelayanan cepat dan efesien.

Sehingga tidak memerlukan ruangan yang besar untuk menyimpan seluruh berkas tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Narasumber yang telah berkenan berbagi dan memberikan ilmu pengetahuannya dalam sosialisasi ini. Diharapkan setelah kegiatan ini, pengintegrasian data sepenuhnya dapat kita laksanakan di setiap OPD, sehingga menjadikan Medan sebagai Smart City", jelas Wakil.

Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval SSTP, MAP menjelaskan kegiatan ini digelar untuk lebih memberi pemahaman tentang pengintegrasian data di setiap OPD. Artinya guna menjadikan Medan Smart City diperlukan sinergitas diseluruh OPD melalui integrasi data. Dimana seluruh data yang ada akan dikelola oleh Dinas Kominfo yang nantinya akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. "

Sementara itu dalam pemaparannya Perwakilan Dirjen Aplikasi Informasi Direktorat E - Government, Kementerian Kominfo RI, Bambang Dwi Anggono S.Sos M.Eng CEH, mengungkapkan saat ini Pemerintah Pusat tengah menyiapkan Peraturan Pemerintah agar menjadikan Kota-kota di Indonesia menjadi Kota Cerdas, melalui Pengintegrasian data.

"Kami menilai Medan dapat menjadi Kota Cerdas, untuk itu diperlukan kerja sama dari setiap OPD untuk memberikan seluruh data yang nantinya akan di kelola Dinas Kominfo sehingga akan terintegrasi melalui Data Center. Dengan begitu Medan akan menjadi Smart City", ungkapnya.

Sumber:
http://medan.tribunnews.com/2018/03/23/wakil-wali-kota-medan-buka-sosialiasi-pengintegrasian-data-dan-aplikasi-terkait-e-government

Posting Komentar

0 Komentar