Ini yang Dilakukan Diskominfo Kotamobagu Mewujudkan Smart City


TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU -  Untuk mewujudkan Kota Smart City yang ditargetkan Pemkot Kotamobagu, Dinas Kominfo membentuk kelompok informasi masyarakat (KIM).

Ada 14 kelompok informasi masyarakat (KIM) yang dibentuk di desa/kelurahan, dengan tujuan membantu memperkenalkan potensi lewat situs maupun belajar mengenal teknologi.

Kepala Bidang Statistik, Komunikasi dan dan Informasi, Muhammad Fahri Damopolii mengatakan, tahun ini 14 kelompok KIM, diberi pelatihan membuat situs atau blok.

"Kami akan memberikan pelatihan, kepada mereka, agar bisa belajar membuat blog, kemudian blog tersebut digunakan mengupload potesi alam, kuliner serta sosial budaya masyarakat," ujar Fahri Damopolii, Selasa (26/6).

Kata dia, data yang diperoleh tahun 2017 ada delapan (KIM), sedangkan 2018 enam kelompok. Kelurahan dan desa antara lain, Moyag, Bilalang, Genggulang, Tumubui, Kobo, Motoboi Kecil, Kotamobagu, Poyowa.

Lanjut dia, 14 kelompok diberikan fasilitas Wifi untuk melaksanakan program ini.
Kepala Bidang TIK Dinas Komunikasi dan Informatika, Yusrin Matali mengatakan, pemasagan Wifi, baru dilakukan di delapan desa/kelurahan.

Kecepatan Wifi yang dipasang 3 megabit per second (Mbps), dengan kapasitas 10 pemakai atau koneksi.

"Kemungkinan tahun ini ada enam desa kelurahan akan dipasang Wifi baru.

Ia menambahkan, tahun 2018 total anggaran untuk KIM sebesar Rp. 126.461.712 diserahkan kepada 6 Desa dan Kelurahan masing-masing Rp 21.076.952,- dalam bentuk peralatan infrastruktur komputer jaringan yakni Kelurahan Gogagoman, Kotobangon, Motoboi Besar, Biga, Upai dan Pobundayan.
Sebelumnya tahun 2017, sudah diserahkan delapan desa/kelurahan yakni Moyag, Tumubui, Kotamobagu, Genggulang, Mongkonai, Poyowa Besar Satu, Motoboi kecil dan Bilalang satu (Ven).

KIM di Kota Kotamobagu
* Tahun 2016
- Desa bilalang 1
- Kelurahan tumubui
- Kelurahan kotamobagu
- Kelurahan motoboi kecil

* Tahun 2017
- Desa moyag induk
- Desa poyowa besar 2
- Kelurahan genggulang
- Kelurahan Mongkonai barat

* Tahun 2018
- Kelurahan Gogagoman
- Kelurahan Biga
- Kelurahan Motoboi Besar
- Kelurahan Upai
- Kelurahan Kotobangon
- Kelurahan Pobundayan.

Sumber:
http://manado.tribunnews.com/2018/06/26/ini-yang-dilakukan-diskominfo-kotamobagu-mewujudkan-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar