Konsep Learning City Surabaya Ditiru Kota Petaling Jaya Malaysia


SURABAYA - Konsep Learning City yang diterapkan di Surabaya mulai diadopsi berbagai kota di luar negeri. Salah satunya Kota Petaling Jaya, Malaysia.

Senior Assistant Director of Information Technology Administration & QRD Kota Petaling Jaya, Jafizatul Azlinda menuturkan, banyak pengembangan kota yang signifikan dilakukan di Surabaya. Salah satunya smart city yang memiliki penerapan di berbagai bidang.

Makanya, Kota Petaling Jaya ingin menerapkan konsep learning city atau pengembangan kota secara menyeluruh di negaranya. Pihaknya juga ingin mendapat pengalaman sekaligus mempelajari bagaimana upaya Surabaya memperoleh penghargaan best pratice Learning City yang diberikan UNESCO di Cork, Irlandia 2017 silam. 

“Jadi kami ingin mendapatkan award semacam itu dengan cara belajar di Surabaya lalu mengaplikasikan di Kota Petaling Jaya,” ujar Azlinda saat meninjau co-workingspace di gedung Siola.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi Kamis (19/7/2018), Azlinda melanjutkan, hal spesifik yang ingin diwujudkan Kota Petaling Jaya dari Kota Surabaya adalah taman baca dan co-working space. 

Baginya, kedua fasilitas ini sangat baik sebagai wadah bagi anak-anak muda untuk mengasah bakat dan minatnya utamanya dari segi pendidikan. “Di Kota Petaling Jaya juga ada tapi lebih ke pusat cyber dan kebanyakan digunakan untuk bermain game, bukan belajar. Nanti kita segera terapkan di sana,” ungkapnya.

Dirinya juga mengaku akan menerapkan hal ini di Kota Petaling Jaya dalam waktu dekat. “Kira-kira 1 atau 2 bulan ke depan segera kami terapkan,” sambungnya.

Ke depan, katanya, pihaknya juga berharap muncul kerjasama antara Pemkot Ketaling Jaya dengan Pemkot Surabaya. “Kami sangat menginginkan kerjasama yang erat antar kedua negara,” ucap Azlinda.

Sebelum mengunjungi co-working space, rombongan delegasi terlebih dahulu singgah ke BLC yang ada di Taman Prestasi, Rumah Matematika, Rumah Bahasa dan Perpustakaan serta Taman Flora.

Sumber:
https://daerah.sindonews.com/read/1323045/23/konsep-learning-city-surabaya-ditiru-kota-petaling-jaya-malaysia-1531961489

Posting Komentar

0 Komentar