Pemkab Blora Luncurkan Aplikasi SIPADI untuk Permudah Pengecekan Aset


Blora  - Wakil Bupati H Arief Rohman MSi, pada Kamis (19/07/2018) laksanakan launching aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Detail Instansi (SIPADI). Aplikasi SIPADI tersebut untuk mengontrol dan mengecek status kendaraan dinas yang dipakai seorang pegawai, berisi tentang rangkuman data seluruh aset kendaraan dinas mulai dari nomor polisi, status pajak, hingga foto kondisi fisik terbaru kendaraan dinas terkait yang dimiliki Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Blora.


Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora pada Ngaliman SP MMA, menyatakan melalui aplikasi SIPADI yang terpasang di handphone android ini, akan lebih mudah dalam mengontrol dan mengecek status kendaraan dinas yang dipakai seorang pegawai. 

“Jadi semisal ada indikasi keterlambatan pembayaran pajak motor, kita bisa langsung cek cukup dengan buka aplikasi SIPADI.” terang Ngaliman. 

Adapun cara penggunaan aplikasi tersebut cukup masukkan nomor polisi kendaraan tersebut, maka akan keluar status kendaraannya. 

“Yang memakai siapa, bentuknya seperti apa, bayar pajaknya tanggal berapa, semua terekam. Sehingga bisa langsung diurus ke pemegang kendaraan,” ucap Ngaliman SP, MMA.

Menurutnya, selama ini pendataan aset hanya dilakukan manual saja. Sehingga dimana keberadaan kendaraan dinas dan bagaimana wujud fisiknya tidak pernah terkontrol. Sampai-sampai pajak kendaraan lupa tidak terbayarkan.

“Padahal pengelolaan aset daerah yang baik merupakan salah satu indikator penilaian penyelenggaraan pemerintahan,” lanjut Ngaliman SP MMA.

Tidak hanya kendaraan dinas saja. Aset lainnya yang dimiliki Setda Kabupaten Blora juga terekam dan tersaji datanya dalam aplikasu SIPADI ini. Seperti halnya tanah dan bangunan.

“Di dalam SIPADI ada beberapa pilihan menu, diantaranya Mobil, Motor, Tanah, Bangunan dan Gedung, Grafik Aset hingga Usulan Penghapusan. Tahap awal ini, aplikasi bisa digunakan oleh para pengelola aset lingkup Setda Kabupaten Blora dahulu,” terang Ngaliman SP, MMA.

Atas dilakukannya launching ini, Sekda Blora, Komang Gede Irawadi SE MSi menginginkan agar tidak hanya aset setda saja yang disajikan.

“Kke depan bisa dikembangkan untuk semua aset milik Pemkab guna mendukung program Smart City yang sedang disusun oleh Dinkominfo.” harap Komang Gede Irawadi.


Sementara itu, Wakil Bupati H Arief Rohman MSi, usai melaunching aplikasi tersebut, menyatakan dukungan dan apresiasi kepada upaya Bagian Umum Setda Kabupaten Blora dalam berinovasi meciptakan aplikasi SIPADI yang ditujukan untuk menata pengelolaan aset.

Menurut Wakil Bupati, dengan adanya aplikasi tersebut, pemerintah akan semakin pintar dalam mengelola dan menata asetnya sendiri. Penataan aset memang selama ini kerap menjadi titik kelemahan dalam penyelenggaraan pemerintahan. 

“Saya mewakili Pak Bupati, mendukung dan mengapresiasi adanya aplikasi berbasis android yang dinamakan SIPADI ini. Semoga ini bisa dikembangkan untuk semua aset Pemkab Blora,” terangnya. 

Sumber:
https://kumparan.com/beritabojonegoro/pemkab-blora-luncurkan-aplikasi-sipadi-untuk-permudah-pengecekan-aset-27431110790550210

Posting Komentar

0 Komentar