Diskominfo Luwu Utara Gagas Transportasi Daring di Masamba


Online24, Masamba – Baru-baru ini Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menerima penghargaan dari salah satu media sebagai Kepala Daerah  dengan Terobosan Kemajuan Daerah 2018 versi media daring, . Salah satu terobosan Bupati Indah Putri Indriani adalah Penerapan Smart City dan Smart Village.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Arief R. Palallo, rupanya merespon cepat raihan penghargaan yang diterima Bupati Lutra tersebut. Kepada luwuutarakab.go.id, Arief mengungkapkan akan menggagas sebuah transportasi dalam jaringan (daring) atau istilah bahasa Inggrisnya, online transportation, khusus di ibukota kabupaten, Masamba.

“Salah satu langkah yang akan kita lakukan dalam rangka mendukung smart city dan smart village adalah penyebarluasan operasional aplikasi daring, dalam hal ini transportasi daring, seperti gojek, gokart, dan grab. Kita berharap driver aplikasi daring ini mau berinvestasi dan menjalankan aplikasinya di sini,” jelas Arief, Sabtu (1/9/2918) di Masamba.

Gagasan ini, kata Arief, sebenarnya tidak mucul tiba-tiba. Menurutnya, transportasi daring sudah ada saat ia menghadiri Kongres Perlindungan Konsumen di Malang bersama Kepala DP2KUKM baru-baru ini. “Ini juga salah satu hasil rekomendasi Kongres Perlindungan Konsumen di Malang terhadap perdagangan barang dan jasa daring,” ungkap Arief.

Seperti apa konsepnya? Arief menyebutkan, sebelum diterapkan lebih jauh, Diskominfo bersama Dinas Perhubungan dan DP2KUKM bakal mengumpulkan terlebih dahulu seluruh komunitas ojek yang ada di Masamba.

“Kami sudah sepakat dengan Dishub dan DP2KUKM untuk mengumpulkan mereka. Semoga mereka mendukung program ini,” harapnya.

Eks Kepala Kantor Pengelolaan Data Elektronik ini sangat optimis terhadap konsep transportasi daring ini. “Akses internet di Masamba sudah sangat mendukung. Di sini sudah 3G dan 4G. Ini yang kami coba lakukan dalam waktu dekat. Kita ingin masyarakat Luwu Utara betul-betul menjadi masyarakat yang smart. Ini yang coba kami ingin hadirkan,” katanya.

Masih kata Arief, konsep smart city adalah sebuah konsep cerdas dan menjadi kebutuhan di era digital saat ini.

“Smart city itu adalah pemerintahannya harus smart, kesehatannya harus smart, pendidikannya harus smart, dunia usahanya harus smart, masyarakatnya pun harus smart. Nah, ini yang dinamakan smart city,” pungkas Arief.

Sumber:
http://online24jam.com/2018/09/02/117373/diskominfo-luwu-utara-gagas-transportasi-daring-di-masamba/

Posting Komentar

0 Komentar