Dua Startup Lokal MoU Dengan Negara Anggota BIMP-EAGA


TRIBUNPONTIANA.CO.ID, PONTIANAK - Ada dua startup lokal yang langsung menandatangi MoU bersama anggota Malaysia - Philippines - East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) untuk menjalin kerjasama. Dua sturtup lokal tersebut adalah PT. Dycodex Teknologi Nusantara dan PT. Aruna Jaya Nuswantara (Integrated Fisheries Commerce).

Anggota BIMP-EAGA cukup terkesan dengan sturtup lokal Pontianak yang dibangun oleh anak muda dengan kreatifitas tinggi.

Sebagai kota yang telah menerapkan smart city Pontianak menjadi rujukan bagi anggota BIMP-EAGA menjalin kerjasama.

Satu diantara delegasi asal Filipina, Erlito Tancontian, menuturkan, sejak Pontianak sudah berkonsep smart city, keterhubungan antar sektor sudah terbangun dengan baik dan cepat.

Ia menilai, komsep smart city yang ada di Pontianak dipercepat dengan kesiapan infrastruktur dengan baik dan progresif.

“Ini hal yang sangat bagus karena dalam pengelolaan pemerintahan memanfaatkan teknologi,” kata warga Filipina yang mengaku baru pertama kali berkunjung ke Pontianak saat diwawancarai awak media di Pemkot Pontianak, Jumat (21/9/2018)

Sementara delegasi asal Malaysia, Disney Lay menyebut, dari sisi manajemen dan pengawasan menggunakan teknologi oleh Pemkot Pontianak dinilainya sebagai hal yang bagus dan cukup efektif.

Ia mengaku kagum dengan penerapan smart city yang dilakukan oleh Pontianak setelah melihat langsung Pontive Center yang merupakan ruang pemgontrol kota melalui CCTV yang terpasang di jalan-jalan dan aplikasi yang saling terkoneksi.

“Ini merupakan suatu yang mengagumkan, memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mengembangkan konsep smart city,” sebutnya.

Disney mengaku kagum dengan cara Pemkot Pontianak memanfaatkan sumber daya yang ada dengan kolaborasi bersama operator telekomunikasi dapat dijadikan contoh.

Di mana diketahuinya setiap operator yang mendirikan tower disyaratkan memasang CCTV yang terhubung dengan Pontive Center milik Pemkot Pontianak.

“Saya yakin dalam waktu mendatang Pontianak akan semakin lebih maju lagi sebab memanfaatkan local talent,” pungkasnya.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2018/09/21/dua-startup-lokal-mou-dengan-negara-anggota-bimp-eaga


Posting Komentar

0 Komentar