Pemkot Jayapura Gandeng ITB Kembangkan Konsep Smart City



Jayapura, Nokenlive.com – Guna mewujudkan konsep “Smart City”, Pemerintah Kota Jayapura menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pemkot Jayapura diwakili Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM telah resmi melakukan penandatanganan MoU dengan pihak Institut Teknologi Bandung ( ITB ) pada Kamis (20/9/2018) lalu.

“MoU ini dimaksudkan untuk mendorong konsep ideal Smart City di Kota Jayapura,“ terang Rustan kepada media ini, Senin (23/9/2018).

Lanjutnya, implementasi Smart City di Pemkot Jayapura merupakan bagian dari upaya meningkatkan kinerja sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Platform Smart City merupakan sumber informasi bagi pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan yang cepat.

Konsep “Smart City” atau kota cerdas kini mulai diterapkan di kota Jayapura .

Konsep ini memang menjadi impian Wali Kota setempat DR. Benhur Tomi Mano, MM karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai persoalan di ibukota provinsi Papua seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan warga kota.

“Konsep kota cerdas ini mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat,” terang Rustan.

Sebagai tidak lanjut dari MoU ini, nantinya tim dari ITB akan datang ke Kota Jayapura untuk membantu Pemkot dalam rangka mewujudkan itu.

“Nantinya Pemerintah kota akan menyiapkan langkah-langkah konkret,” tukasnya.

Pemkot Jayapura, selama ini diketahui sangat menggebu-gebu terhadap beberapa program pelayanan kepada masyarakat yang tentu bermuara kepada kota pintar atau Smart City.

Guna mewujudkan itu pula, maka mulai dilakukan penataan di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan hingga pelayanan publik dengan memperdayakan konsep e-Government.

Juga termasuk yang berkaitan dengan keamanan dan kebersihan kota. 

Sumber:
https://www.nokenlive.com/2018/09/25/pemkot-jayapura-gandeng-itb-kembangkan-konsep-smart-city/

Posting Komentar

0 Komentar