Galeri Iptek Perkuat Ekosistem Kawasan “Smart City”


Konsep hunian terus berkembang. Sebuah kawasan kota mandiri kini tak lagi hanya dijejali dengan ribuan perumahan dan puluhan pusat belanja. Kota mandiri mulai bertransformasi menjadi smart city bahkan menuju integrated smart digital city.

Konsep kota pintar berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi itulah yang kini dikembangkan Sinar Mas Land selaku pengembang kota mandiri BSD City. Salah satu realisasi untuk menuju integrated smart digital city adalah dibangunnya Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City.

Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong bersama denganSinar Mas Land secara resmi telah menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan GIPTI berlokasi di Kabupaten Tangerang tepatnya di area BSD City. Area GIPTI akan menempati lahan PUSPIPTEKKementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, seluas ± 15 Ha yang berada di wilayah tersebut. Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengatakan GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasantechnopolis. Nasir juga mengatakan pengembangan Gipti sejalan dengan program pengembangan National Science dan Technology Park (N-STP) Puspiptek.

“GIPTI hadir sebagai showcase kemajuan iptek dan inovasi serta teknologi terapan terkini, terdapat 5 zona seperti Zona Penerima, Zona Display dan Zona Pengembangan Kewirausahan, Zona Penelitian, dan Zona Kawasan Ruang Terbuka Hijau. Tidak hanya itu, GIPTI juga akan dilengkapi dengan Gateaway Park, Techno Park dan Lake Park,” terang Nasir di BSD City, Tangerang, Kamis (4/10).

Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land menambahkan, pihaknya mendukung pembangunan GIPTI di BSD City. Berharap kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city, dimana saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi ‘Silicon Valley’ di Indonesia.

Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagaitalent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan. Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub.

Kawasan ini juga dilengkapi oleh gedung konvensi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia Convention Exhibiton (ICE). Tidak hanya itu, BSD City juga dilengkapi beberapa sekolah hingga perguruan tinggi seperti, Universitas Katolik Indonsesia Atma Jaya, Prasetya Mulya, dan Universitas Paramadina. BSD City juga sering menjadi tuan rumah dalam acara teknologi seperti IESE, Fintecth, Start Hub Connect, dan Autodesk. 

Sumber:
http://www.koran-jakarta.com/galeri-iptek-perkuat-ekosistem-kawasan--smart-city-/

Posting Komentar

0 Komentar