Masterplan Smart City Direncanakan Selesai Akhir 2018


Analisadaily (Medan) - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menerima kunjungan pendamping sekaligus fasilitator penyusunan Masterplan Smart City Kota Medan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Prof Ahmad Junaidi di Balai Kota Medan.

Tujuan kedatangan melaporkan hasil penyusunan masterplan yang dilakukan. Sejauh ini penyusunan yang dilakukan berjalan dengan lancar, diperkirakan masterplan akan selesai akhir tahun 2018.

“Kami sudah tiga kali melakukan bimbingan teknis. Hasilnya lancar sesuai capaian. Kami optimis akhir tahun ini Masterplan Smart City Kota Medan selesai dengan hasil yang baik,” kata Ahmad, Senin (1/10).

Masterplan Smart City merupakan dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan berupa inisiatif-inisiatif program beserta peta jalannya, sehingga menghasilkan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Melalui smart city, diharapkan dapat membuat kehidupan masyarakat di Kota Medan menjadi lebih baik, aman, nyaman, dan sejahtera. Sebagai contoh capain cepat yang diharapkan selesai tahun ini, pengurusan administrasi kependudukandan penanggulangan persampahan.

“Capaian cepat itu dibantu dengan berbagai teknologi. Inti smart city memanfaatkan berbagai teknologi, terutama teknologi informasi guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Wali Kota Medan menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penyusunan Masterplan Smart City Kota Medan yang telah dilakukan. Apalagi masterplan itu direncanakan selesai akhir 2018.

“Ini akan membantu kita dalam menetapkan kebijakan, regulasi, dan arah prioritas pembangunan kota. Terutama dalam upaya memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Eldin.

Usai diterima Wali Kota, Ahmad yang hadir bersama perwakilan dari Direktorat Aptika Kementerian Kominfo meninjau ruangan command centre yang berada di lantai 1 Balai Kota, bekas ruangan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).

Sumber:
http://news.analisadaily.com/read/masterplan-smart-city-direncanakan-selesai-akhir-2018/626676/2018/10/01

Posting Komentar

0 Komentar