• Breaking News

    Aplikasi LAKSA, Merespon Cepat Pengaduan Masyarakat Kota Tangerang


    Merdeka.com - Pemerintah Kota Tangerang telah membuat layanan pengaduan masyarakat berbasis teknologi dan informasi. Aplikasi tersebut bernama Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda atau disingkat menjadi LAKSA. Adapun silsilah nama LAKSA diambil dari makanan khas Kota Tangerang.

    Aplikasi LAKSA berfungsi untuk merespon berbagai pengaduan warga dari mulai urusan kesehatan, infrastruktur, pendidikan hingga pelayanan di kantor pemerintah dan untuk kemudian ditindak lanjuti secara cepat dan efisien. Aplikasi ini pun telah terintegrasi dalam portal Tangerang LIVE. Sehingga bisa didownload oleh masyarakat melalui Android Playstore maupun App Store.


    Aplikasi LAKSA merupakan salah satu aplikasi layanan masyarakat dari total 30 aplikasi yang berada di portal Tangerang LIVE. Adapun total aplikasi yang dimiliki Pemkot Tangerang saat ini adalah sebanyak 174 aplikasi dengan rincian 111 aplikasi layanan publik dan 63 aplikasi manajemen pemerintahan. Seluruh aplikasi yang sudah dibuat, telah terintegrasi dalam satu basis data yang berada di Tangerang LIVE Room.

    Sejak diluncurkan tahun 2016, Aplikasi LAKSA sangat membantu kerja pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam kurun satu tahun, ada ribuan pengaduan yang masuk melalui Aplikasi LAKSA. Berbagai pengaduan pun direspon sangat cepat karena laporan yang masuk dari masyarakat dan diterima petugas jaga di Tangerang LIVE Room dan diteruskan ke call center di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

    Laporan yang masuk akan diberi tanda merah, untuk yang sedang dalam proses penyelesaian maka tandanya kuning dan jika telah selesai berwarna hijau. Setiap pekerjaan yang dilakukan oleh petugas, akan disertai dengan foto maupun video sebagai bukti laporan telah ditindak lanjuti. Pimpinan dari setiap OPD hingga Wali Kota bisa memantau setiap laporan yang masuk di aplikasi LAKSA. Sehingga, pengaduan dari warga dipastikan akan ditindak lanjuti.


    Aplikasi LAKSA yang serupa dengan aplikasi pengaduan masyarakat lainnya milik Kabupaten/Kota, sudah mendapat apresiasi dari Kementerian maupun instansi/lembaga dan banyak diduplikasi.

    Hal ini dikarenakan Pemerintah Kota Tangerang membuka secara luas proses kerjasama dalam pengembangan Smart City. Komitmen tersebut tertuang dalam Tangerang Smart City Partenership. Isinya adalah, Kabupaten/Kota bisa menduplikasi aplikasi yang dimiliki Pemkot Tangerang secara cuma - cuma. Sebab Pemkot Tangerang menginginkan adanya sinergi dalam menciptakan pelayanan publik yang mudah, cepat dan efisien serta mengikuti perkembangan teknologi terkini.

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, dilakukannya pengembangan Smart City dikarenakan kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan dengan sangat cepat. Melalui teknologi dan informasi, diharapkan segala kinerja di lapangan dapat terpantau dan masukan dari warga dapat direspon dan ditanggapi secara tepat.

    Aplikasi LAKSA, lanjut Wali Kota, adalah bagian dari Pemerintah dalam menyediakan sarana bagi masyarakat untuk memberikan masukan. Sehingga Pemerintah bisa mengetahui permasalahan di lapangan yang belum terlayani dengan baik untuk dapat ditingkatkan. Begitu juga dengan pemanfaatan sarana dan sarana yang ada untuk dapat dimaksimalkan.


    "Kami akan merespon setiap laporan yang masuk sebagai bahan evaluasi kerja dan meningkatkan kerja kami. Masukan yang disampaikan melalui Aplikasi LAKSA adalah bagian dari keterbukaan informasi yang disediakan pemerintah," ujarnya.

    Dia juga menuturkan, Aplikasi LAKSA banyak diduplikasi oleh Kabupaten/Kota yang berkunjung dan melakukan kerja sama. Pemkot Tangerang sangat terbuka dan tidak mengenakan biaya dari kegiatan duplikasi aplikasi tersebut. Sebab semangat yang ingin dikedepankan adalah mengenai sinergi untuk mewujudkan pemerintah yang merespon cepat setiap masukan warga.

    "Setiap pelayanan memerlukan masukan dari masyarakat secara langsung. Dengan adanya layanan ini kami memberikan ruang bagi warga dan juga sinergi membangun kota," paparnya.

    Sumber:
    https://www.merdeka.com/peristiwa/aplikasi-laksa-merespon-cepat-pengaduan-masyarakat-kota-tangerang.html

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad