Indonesia Memiliki Visi untuk Menjadi Negara Maju pada 2045, Butuh Peranan Penting Pemerintah

Butuh Peranan Penting Pemerintah, Indonesia Memiliki Visi untuk Menjadi Negara Maju pada 2045

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Kementerian Keuangan, Dr. Adriyanto, menjadi pembicara dalam Dies Natalis 56 tahun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (Unja) yang berlangsung di Balairung, Rabu (24/4/2019).

Ia menyampaikan orasi ilmiah bertajuk strategi kebijakan fiskal Indonesia dalam era revolusi industri 4.0.

Tema yang dihadirkan pada hari ini begitu penting, yakni Strategi Kebijakan Fiskal Indonesia dalam Era Revolusi Industri 4.0, sebuah era dimana teknologi serta digitalisasi memiliki peran vital dalam menggerakkan perekonomian, terutama dalam hal peningkatan produktivitas.

Namun, untuk mencapai hal tersebut, suatu negara harus memiliki sumber daya manusia (SDM) dengan kemampuan penguasaan teknologi yang baik dan ini merupakan tantangan bagi generasi muda ke depannya.

Tentunya peranan Pemerintah, termasuk melalui instrumen fiskal sangat krusial di dalam upaya pembangunan Negara di era Industry 4.0 tersebut," paparnya.

Industry 4.0 membawa harapan baru bagi pembangunan ekonomi dunia yang lebih merata. World Economic Forum mendefinisikan Industry 4.0 sebagai perkembangan teknologi yang memadukan berbagai bentuk karakter teknologi, antara lain digital.

Di era revolusi industri keempat, yang banyak dipengaruhi unsur digital, negara berkembang dapat lebih mudah melakukan adaptasi untuk membangun dan mengejar ketertinggalan dari negara maju.

"Dampak dari revolusi Industri 4.0 di sektor manufaktur masih harus kita dorong lagi. Hal ini mengingat bahwa industrialisasi dan pertumbuhan sektor manufaktur masih sangat diperlukan oleh Indonesia di dalam proses transformasinya menjadi Negara maju.

Indonesia memiliki visi untuk menjadi negara maju pada tahun 2045. Indonesia berhasil menjaga pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan di atas 5%.

"Selain mempertahankan pertumbuhannya yang stabil, kualitas pertumbuhan Indonesia juga meningkat," ungkapnya.

Namun demikian, perjalanan Indonesia menuju negara maju di tahun 2045 tentunya merupakan sebuah perjalanan yang akan menjumpai sejumlah tantangan.

Tantangan saat ini yang dihadapi salah satunya adalah gejala deindustrialisasi yang terlalu dini. Salah satu tantangan utama lain yang harus segera diatasi oleh Indonesia adalah terkait dengan kualitas sumber daya manusia.

Menurut penelitian, kebijakan pemerintah menjadi salah satu faktor penting dalam hal ini, misalnya kebijakan stabilitas makro ekonomi yang dapat mendorong akumulasi faktor produksi baik infrastruktur maupun SDM serta pengalokasian sumber daya untuk memperoleh comparative advantage.

Selain itu juga kebijakan juga harus bersifat responsif untuk menanggulangi efek yang disruptif atas perkembangan teknologi.

Indonesia Memiliki Visi untuk Menjadi Negara Maju pada 2045, Butuh Peranan Penting Pemerintah
(Nurlailis/Tribun Jambi)

Posting Komentar

0 Komentar