Isradi Zainal Beri Kuliah Umum Soal Revolusi Industri 4.0 di Universitas Pancasila Jakarta

Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (APJK3) Dr Ir Isradi Zainal, A.Eng,IPU memberikan kuliah umum di Gedung Magister Teknik Pasca Sarjana Universitas Pancasila Jakarta, Sabtu 27 April 2019.

Diketahui juga bahwa tujuan kuliah umum itu adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang perkembangan industri. Terlebih revolusi industri keempat atau Industry 4.0 di depan mata sehingga diharapkan mahasiswa siap menghadapinya.

Kuliah umum tersebut dibuka oleh Direktur Pasca Sarjana Magister Teknik Mesin Dr.Ir Budi M.Suyitno, Kaprodi S2 Mesin Dr.Ir Ismail, Ketua Ikatan Alumni Maguster Teknik Mesin dan sejumlah Dosen.
Di hadapan para mahasisawa Pasca Sarjana, Dosen, Praktisi dan sejumlah Alumni Magister Teknik Mesin Universitas Pancasila Jakarta, Isradi menjelaskan tentang tantangan revolusi industri 4.0.

Dr.Isradi Zainal yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum BKM Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyatakan bahwa Era Industri 4.0 ditandai dengan Internet of thing, robotic automation, Printer 3D, dan Data of think.

“Untuk itu dibutuhkan peningkatan kualitas sumber daya manusia industri,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi II DK3N ini juga dijelaskan tentang revolusi industri 1.0 yang diawali dengan penemuan mesin uap oleh James watt. Lalu Industri 2.0 yang dibuktikan dengan produksi massal, penemuan mesin pembakaran dalam, minyak, dan lainnya.

“Dan untuk revolusi Industri 3.0 dibuktikan dengan penemuan komputer dan internet,” terangnya.

Pria asal Butta Panrita Lopi, Bulukumba ini juga menyampaikan setidaknya ada sejumlah langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi era industri 4.0.

Adapun langkah itu adalah dengan mengisi kemampuan anak didik dan calon pekerja dengan Internet of thing dan yang terkait dengan industri 4.0. kemudian menjalin kerjasama antara perguruan tinggi, Indutri dan pemerintah dalam menghasilkan pengetauan dan keterampilan industri 4.0.

“Saya meminta mahasiswa agar mendalami dunia digital dan start up agar mampu bersaing di era industri 4.0,” tutupnya.

Sumber : https://makassar.terkini.id/isradi-zainal-beri-kuliah-umum-soal-revolusi-industri-4-0-universitas-pancasila-jakarta/

Posting Komentar

0 Komentar