Kontribusi Guru Terletak pada Penguatan Karakter Siswa

MOJOKERTO – Guru menjadi kunci untuk mempersiapkan peserta didik Indonesia bergabung dengan era revolusi industri 4.0. Kontribusi guru terletak pada penguatan pendidikan karakter manusia Indonesia agar tanggap terhadap segala tantangan.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Supriano mengatakan, nilai-nilai pendidikan karakter Indonesia haruslah muncul dari seorang guru agar dapat menjadi figur andalan di masa depan.

“Guru ini masih memiliki kekuatan. Apapun perubahannya, guru ada di garis depan,” ujarnya pada Pekan Hari Pendidikan Nasional 2019 di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dilansir suaramerdeka .com.

Seorang guru menjadi seorang role model dari pendidikan karakter, pendidikan moral, dan kerja sama. Guru tidak hanya berperan sebagai pendidik, tapi juga sebagai fasilitator, katalisastor, dan motivator bagi para siswa.

“Kontribusi ini tak tergantikan oleh kemajuan teknologi sebagai inti dari perkembangan era industri 4.0,” jelas Supriano.

Pada sisi lain, guru haruslah tetap meningkatkan kompetensi agar dapat menghadapi tantangan di era industri 4.0.

Perbedaan Mekanisme

Supriano mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan mekanisme pelatihan kompetensi bagi guru, yaitu melalui sistem zonasi.

Mengacu pada data Ditjen GTK Kemendikbud, sistem ini menyiapkan kompetensi guru dengan strategi pembangunan pendidikan yang terintegrasi secara vertikal. Dari satuan pendidikan di kabupaten/kota, provinsi hingga pusat sesuai dengan ruang lingkup kewenangannya.

Sehingga berkesinambungan dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Sistem ini menggantikan mekanisme pelatihan sentralisasi yang dilakukan Kemendikbud selaku pemerintah pusat.

“Pelatihan guru melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan 81 jam sistem in out sehingga terdapat koordinasi dan sinkronisasi antar guru untuk membahas kondisi dan permasalahan di tiap-tiap sekolah,” jelasnya dikutip okezone .com.

Supriano mengatakan, ke depan kompetensi guru dapat menyesuaikan untuk menghadapi tantangan era industri 4.0. Sehingga dapat menciptakan perubahan yang massif bagi proses pembelajaran pada era industry 4.0. (Siedoo)

Sumber : https://siedoo.com/berita-19684-kontribusi-guru-terletak-pada-penguatan-karakter-siswa/

Posting Komentar

0 Komentar