Pemkot Gelar Workshop Implementasi Menuju Ambon Smart City 2019

Pemerintah Kota Ambon menggelar Workshop Smart City yang diikuti ratusan peserta dari perangkat daerah dan akademisi yang berlangsung, Jumat 26 April, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kota (Sekot) Ambon A.G Latuheru.

Kegiatan ini dalam rangka percepatan Ambon menuju Smart City 2019.

Sekretraris Kota Ambon dalam sambutanyan mengatakan, Workshop Smart City ini menjadi bagian dari sinergitas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan Pemerintah Kota Ambon, sebagai salah satu dari 100 kota di Indonesia untuk percontohan Smart City setelah sebelumnya dilaksanakan bimbingan teknis sebanyak empat kali.

Sekot Latuheru berharap melalui workshop ini muncul komitmen dari seluruh perangkat daerah konsisten dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui teknologi informasi berbasis budaya yang dimiliki oleh Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon .

Menurutnya Kota Ambon terpilih masuk seleksi gerakan menuju 100 “smart city” merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan.

Gerakan tersebut bertujuan untuk mendorong kota atau kabupaten di Indonesia agar lebih memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan publik

Selain itu memudahkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, mengakselerasikan potensi daerah serta nantinya akan dilakukan pendampingan dalam menyusun dokumen master plan smart city.

Sepoerti diketahui terpilihnya kota Ambon sebagai 1 dari 100 Smart city setelah melewati proses seleksi yang dilakukan Kementerian Komunikasi Informatika RI, Ambon dan 99 kota/kabupaten lainnya terpilih dari 514 kota atau kabupaten seluruh Indonesia dalam gerakan menuju 100 Smart City.

Smart city diharapkan dapat membantu solusi kendala perkotaan dan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat yakni peningkatan kualitas hidup dan kesenjangan dalam masyarakat. Berita Maluku Radio DMS.

Posting Komentar

0 Komentar