Peran Kartini pada Era Digital di Mata Bupati Eka

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Senin 22 April 2019 13:36 WIB



Foto: Okezone

JAKARTA - Sosok Raden Ajeng Kartini menjadi tokoh inspiratif bagi banyak perempuan masa kini. Bagaimana tidak? Pada masanya, Kartini menjunjung emansipasi dengan menuntut hak yang sama bagi perempuan, khususnya dalam pendidikan.

Oleh karena itu, Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April diperingati hampir setiap perempuan di Indonesia, tidak terkecuali Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Baginya, peringatan hari Kartini memiliki makna tersendiri.
Dijelaskan Eka, beragam aktivitasnya baik sebagai kepala daerah di Tabanan, maupun di dalam keluarga sangat terinspirasi oleh sosok Kartini. ’’Saya sangat terinspirasi, dan tak lepas dari rasa kagum terhadap beliau. Kartini saja bisa, kenapa saya tidak bisa,” ujar Eka dalam sebuah acara bertajuk, 'Peran perempuan dalam teknologi serta semangat entrepreneurship perempuan Indosat Ooredoo' di Industri 4.0 di Gedung Indosat Ooredoo, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut, peraih penghargaan International Women’s Day dari DPR RI ini juga mendorong kaum milenial maupun masyarakat di Tabanan untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha. Salah satu yang akan dilakukannya adalah dengan membuat Pelatihan Kerja Kartini Serasi.

’’Mudah-mudahan bisa terwujud (Pelatihan Kerja Kartini Serasi). Di mana, perempuan akan dibina menjadi perempuan yang handal dalam skill pilihannya. Dan dibantu mempunyai semangat untuk bisa menjadi entrepreneur. Kami juga punya Program Bedah Warung yang sampai sekarang sudah ada 300 warung yang dijalankan kaum ibu,’’ ujar Eka.

Eka melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan kabupaten Tabanan sebagai smart city dalam menghadapi revolusi industri keempat atau Industri 4.0. Salah satunya dengan melaunching Tabanan Command Centre (TCC) beberapa waktu lalu.

Fasilitas TCC adalah pusat monitoring dan controlling serta komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan yang transparan kepada masyarakat. "Sistem kebijakan pemerintahan kita telah E-goverment, kita juga punya command centre yang bersinergi dan juga smart city yang bekerjasama dengan Indosat,"sambungnya.
Kehidupan di era teknologi yang begitu cepat memberikan dampak positif bagi wanita. Oleh karena itu Eka berharap perempuan Indonesia jangan ada yang tidak peduli terhadap perkembangan teknologi.
“Perempuan Indonesia tidak boleh gaptek, harus positif dan dapat memajukan bangsa. Perempuan juga harus multitasking harus bisa apa saja. Di kancah politik, kita sudah bagus. Dalam pemilihan umum legislatif (Pileg) lalu, Tabanan telah melahirkan 8 DPR perempuan. Ini satu-satunya terbanyak di Bali,’’ tutup Eka yang juga politikus PDIP tersebut.
Sumber : https://news.okezone.com/read/2019/04/22/1/2046425/peran-kartini-pada-era-digital-di-mata-bupati-eka (fmi)
x


Posting Komentar

0 Komentar