Qualcomm: IoT Lebih Dari Sekadar Pasang WiFi atau CCTV


Internet Of Things alias IoT, kini menjadi isu yang makin sering digaungkan di Indonesia sejak pemerintah mencanangkan revolusi industri 4.0 pada tahun lalu. Lantas, sejauh mana implementasi adopsi IoT di tanah air saat ini?

Qualcomm, sebagai salah satu perusahaan teknologi yang telah menciptakan berbagai terobosan di berbagai adopsi IoT berpendapat, bahwa Indonesia harus meluruskan visi terlebih dahulu sebelum ke tahap implementasi yang kompleks.

"Kamera pengawas (CCTV) atau hadirnya WiFi di fasilitas umum memang bagian dari IoT juga, tapi masih belum masif. Manfaat dari adopsi IoT akan lebih terasa jika penerapannya mampu menjadi solusi dari permasalahan yang kompleks," terang Sanjeet Pandit, Senior Director of Business Development and Head of Smart Cities Qualcomm Technologies, Selasa (23/4), di Jakarta.
Pada kesempatan diskusi yang bertajuk Era of Smart and Connected Industries itu, Sanjeet mengatakan bahwa pemanfaatan adopsi IoT di Indonesia harusnya bisa lebih dari yang diterapkan saat ini. Maka dari itu, pihaknya yaitu Qualcomm siap membantu mempercepat kesiapan adopsi IoT yang lebih masif lagi di Indonesia.

"IoT dan jaringan internet selanjutnya, 5G saling berkaitan. Saat ini, kami sedang berkolaborasi dengan pihak swasta di Indonesia seperti beberapa vendor dan operator untuk pengembangan 5G. Kalau dengan pemerintah terkait edukasi dan alokasi spektrumnya," ujar Shannedy Ong, Senior Director of Business Development Qualcomm International.

Pada diskusi kali ini, Qualcomm memfokuskan adopsi IoT di sektor smart city atau kota pintar, pertanian, dan transportasi. Sanjeet menekankan bahwa salah satu indikator keberhasilan dari adopsi IoT adalah tercapainya suatu tujuan tanpa menimbulkan masalah lainnya.

Sumber : https://akurat.co/iptek/id-601351-read-qualcomm-iot-lebih-dari-sekadar-pasang-wifi-atau-cctv

Posting Komentar

0 Komentar