Seminar Nasional Sekolah Vokasi UNS Hadirkan Deputy CEO Markplus

Deputy CEO Markplus, Inc, Dr Jacky Mussry saat memberikan materi dalam Seminar Nasional di Kampus UNS Solo Selasa (23/4/2019). Foto/IST

SOLO - Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema The New Yin Yang of Business: Strategi Menangkap Peluang di Era Pasca Revolusi Industri 4.0, Selasa (23/4/2019) Dalam seminar di Auditorium kampus setempat, menghadirkan pembicara Deputy CEO Markplus, Inc, Dr Jacky Mussry.

Direktur Sekolah Vokasi UNS Drs Santoso Tri Hananto, M.Acc Ak mengatakan, kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjelaskan bahwa seluruh lulusan dari perguruan tinggi di negara-negara ASEAN ke depannya akan bebas mendapatkan pekerjaan dan berkompetisi secara fair di wilayah ASEAN.

“Untuk itu, lulusan Perguruan Tinggi (PT), khususnya jalur vokasi, dituntut mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian dan keterampilan terapan tertentu,” kata Santoso Tri Hananto, Selasa (23/4/2019).

Harapannya agar mampu bersaing di era digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan Revolusi Industri 4.0. Dalam era tersebut pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di dunia, telah menjadikan sempit dan meleburnya faktor ruang dan waktu yang selama ini menjadi aspek penentu kecepatan dan keberhasilan penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Dampak revolusi ilmu pengetahuan dan keterampilan tersebut mempengaruhi kehidupan sosial politik, sosial ekonomi, dan budaya.

Revolusi industri yang terjadi saat ini, lebih dikenal dengan nama Revolusi Industri 4.0, telah membawa perubahan radikal terhadap proses bisnis pada semua aspek kehidupan. Semua bidang pekerjaan, seperti transportasi, perhotelan, pemasaran, dan perdagangan tidak bisa terlepas dari peran teknologi informasi yaitu penggunaan internet. Internet tidak bisa dilepaskan dari dunia bisnis sehingga muncul istilah Internet of Things (IoT) dimana internet untuk segalanya. Isu revolusi industri 4.0 perlu mendapat perhatian yang serius.

Sehingga diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk menangkap peluang pada era industri tersebut. “Oleh karena itu, kami Sekolah Vokasi UNS yang bekerjasama dengan MarkPlus Inc menyelenggarakan Seminar Nasional The Yin Yang of Business," ujarnya.

Tujuan dari penyelenggaraan Seminar Nasional ini diantaranya untuk memperkenalkan keberadaan Sekolah Vokasi UNS. Lalu Meembangun jejaring antara dunia akademik dengan dunia usaha. Memberikan pengetahuan tentang perubahan dunia usaha yang terjadi dan hal yang harus dimiliki organisasi pada era sekarang.

Memberikan pemahaman tentang peluang dan tantangan Pasca Revolusi Industri 4.0 serta mempersiapkan SDM yang berprestasi dan mampu bersaing di Era Pasca Revolusi Industri 4.0. Sementara, seminar nasional dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Daerah di Eks-Karesidenan Surakarta, Pejabat Struktural, dosen serta mahasiswa UNS, Guru dan Siswa SMA/MA/SMK wilayah Surakarta, Perwakilan Badan Usaha Milik Negara/Daerah/Swasta, dan Pelaku Bisnis dan Masyarakat Umum.

Sumber : https://jateng.sindonews.com/read/4271/1/seminar-nasional-sekolah-vokasi-uns-hadirkan-deputy-ceo-markplus-1556010289
(mif)

Posting Komentar

0 Komentar