Dua Proyek Smart City Indonesia Jadi Finalis SCAPA 2019

Ilustrasi - Internet of Things 
IDC Government Insights Asia/Pacific mengumumkan dua proyek smart city dari Indonesia sebagai finalis dalam Smart City Asia Pacific IDC Awards (SCAPA) 2019.

Aplikasi Jakarta Citizen Relationship Management (CRM) dan Area GOP (Green Office Park) oleh Sinar Mas Land masing-masing telah dipilih sebagai finalis untuk kategori Civic Engagement dan Smart Buildings.

Aplikasi Jakarta Citizen Relationship Management (CRM) bertujuan untuk menjadi platform utama bagi semua laporan/keluhan masyarakat kepada pemerintah kota Jakarta. Memudahkan layanan pemerintah dalam menerima laporan dan saran dari masyarakat dan menjelaskan kebutuhan mereka.

Proyek smart city lainnya yang terpilih menjadi finalis adalah Area GOP (Green Office Park) dari Sinar Mas Land. Sinar Mas Land membangun daerah bangunan pintar yang disebut GOP 9. GOP 9 memiliki konsep desain pembangunan berkelanjutan yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Daerah ini memiliki fitur yang mengurangi panas dari perubahan iklim di sekitar bangunan. Area GOP 9 telah mengadopsi teknologi sejak perencanaan dan hingga operasional. Salah satu komponennya adalah sensor Internet Of Things (IoT) untuk smart lighting.

Kamil Yunus, Market Analyst IDC Indonesia mengatakan bahwa sebagai salah satu kota terpadat di Indonesia, Jakarta menghadapi tantangan sosial ekonomi yang signifikan.

"Kami melihat kedua proyek smart city ini memiliki kemampuan di masa depan untuk membantu memecahkan tantangan perkotaan yang paling besar dan memberikan cara hidup yang baru dan lebih baik," ujarnya, dalam keterangan resmi, Kamis (16/5).

IDC Smart City Asia Pacific Awards (SCAPA) dibuat untuk mengidentifikasi, membandingkan, dan mengumpulkan pendapat warga negara melalui pemungutan suara publik atas proyek-proyek terbaik setiap tahun di 12 domain strategis kota cerdas fungsional.

IDC mengajak masyarakat untuk memilih salah satu dari para finalis ini di www.idc.com/ap/smartcities hingga 28 Mei 2019. Pemenang akan diumumkan pada Juli 2019.

Posting Komentar

0 Komentar