ITNY Hadapi Isu Kepemimpinan dengan Mengasah Soft Skill Mahasiswa untuk Berorganisasi

Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan Seminar Nasional Kepemimpinan yang digelar di Student Center and Park Kampus ITNY pada hari Sabtu (4/5/2019).
Menghadapi tantangan kepemimpinan di era Revolusi Industri 4.0, mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan Seminar Nasional Kepemimpinan yang digelar di Student Center and Park Kampus ITNY pada hari Sabtu (4/5/2019).

Seminar nasional ini dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) ITNY.

Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah "Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0".

Dua pembicara yang dihadirkan dalam seminar ini adalah Yusliana, ST, M Eng yang merupakan alumni ITNY dan aktivis organisasi kemahasiswaan, serta M Farid A Siregar atau yang lebih dikenal dengan nama Eric Siregar, motivator sekaligus pakar hypnotherapy.

Kegiatan seminar nasional ini dibuka oleh Rektor ITNY yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor III Dr Hill Gendoet Hartono, ST, MT.

Seminar nasional ini diikuti oleh lebih kurang 200 peserta dari berbagai lembaga kemahasiswaan di dalam maupun di luar lingkungan ITNY.

Kami melihat ada penurunan minat mahasiswa untuk terlibat aktif dalam organisasi kampus padahal keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan merupakan ajang untuk melatih soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja," paparnya.

Menurutnya, mahasiswa perlu meluangkan waktu untuk berorganisasi selain untuk mengejar prestasi akademis.

Dinamika dunia kerja menuntut seorang lulusan untuk tidak saja terampil melainkan juga memiliki soft skill.

Untuk itu, jiwa kepemimpinan perlu untuk terus menerus diasah, salah satunya dengan aktif berorganisasi.

Masing-masing perlu memahami karakter leadership yang dimiliki, sehingga karakter kepemimpinan yang pada dasarnya sudah dimiliki oleh masing-masing pribadi tersebut bisa untuk terus menerus dikembangkan.

Seminar nasional ini merupakan yang kedua kalinya digelar oleh BEM dan DEMA ITNY.

Ketua DEMA ITNY berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi tahun depan dengan format dan konten acara yang lebih baik.(*)

sumber : http://jogja.tribunnews.com/2019/05/10/itny-hadapi-isu-kepemimpinan-dengan-mengasah-soft-skill-mahasiswa-untuk-berorganisasi

Posting Komentar

0 Komentar