JK: Banyak Pekerjaan Hilang Karena Industri 4.0, Tapi akan Timbul Job Baru

Wapres Jusuf Kalla Tinjau MRT Bunderan HI-Lebak Bulus. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
Wakil Presiden, Jusuf Kalla hadir menjadi pembicara seminar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (4/5). Dalam seminar tersebut, JK sempat menyinggung tentang peluang di era revolusi industri 4.0.

JK menyebut jika akan ada beberapa pekerjaan yang akan hilang di revolusi industri 4.0. Meskipun demikian akan ada pula pekerjaan baru yang akan muncul di revolusi industri 4.0.

"Banyak mengatakan industri 4.0 banyak pekerjaan yang hilang. Memang banyak pekerjaan hilang tapi timbul job baru, pekerjaan baru," ujar JK di UNY.

JK mencontohkan, pekerjaan baru akan muncul seiring dengan hilangnya pekerjaan yang lama. JK mengungkapkan, pada zaman dulu ada wartel yang kemudian seiring dengan masuknya era handphone, wartel banyak yang tutup. Tutupnya wartel ini kemudian digantikan dengan tumbuhnya warung-warung penjual pulsa.

"Sederhana saja dulu waktu telepon belum banyak di mana-mana ada wartel. Tapi setelah timbul handphone, wartel hilang sama sekali. Yang timbul adalah warung-warung yang menjual pulsa. Tapi kemudian pulsa berkurang maka timbul lagi suatu penjualan yang dibutuhkan timbul bisnis baru timbul GO-JEK, GO-FOOD dan lain-lain," ungkap JK.

JK menyebut perkembangan teknologi juga akan mengubah cara pandang masyarakat. Cara pandang masyarakat ini di antaranya dulu anggapan istri idaman adalah perempuan yang pandai memasak. Namun cara pandang ini berubah seiring dengan perkembangan teknologi.

"Maaf, dulu istri yang paling idaman kalau pintar masak. Sekarang tidak perlu terlalu pintar masak, cukup pintar bertelepon (Go-Food atau Grab-Food) masakan enak sudah," terang JK disambut tawa peserta seminar.

Perkembang teknologi dianggap JK juga telah melakukan perubahan tatanan dunia. JK mencontohkan, perubahan tatanan dunia ini berubah paska adanya handphone.

"Jadi beralih semua sistem akibat teknologi. Tanpa handphone mana bisa kita memesan makanan dengan gampang, di mana saja. Jadi teknologi mengubah gaya hidup," urai JK. [rnd]

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/jk-industri-40-banyak-pekerjaan-hilang-tapi-timbul-job-baru.html

Posting Komentar

0 Komentar