Mantapkan E-Goverment, Pemkab Serang Gandeng BSSN

Pemkab Serang terus memantapkan pelaksanaan e-government serta pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Salah satunya dengan melakukan penjajakan kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang telah dilakukan, Selasa (7/5/2019).
SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus memantapkan pelaksanaan e-government serta pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Salah satunya dengan melakukan penjajakan kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang telah dilakukan, Selasa (7/5/2019).

Tidak tanggung-tanggung, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memboyong pejabat paling penting di Pemkab Serang untuk sama-sama belajar ke BSSN, yakni Sekda Entus Mahmud, Inspektur Rahmat Jaya, Plt Kepala Bappeda Rahmat Maulana, Asda I sekaligus Plt Kepala BKPSDM Asep Saepudin, Kepala DPMPTSP Syamsudin, dan Plt Kepala Diskominfo Persandian dan Statistik Anas Dwisatya. Disambut langsung oleh Kepala BSSN Djoko Setiadi dan Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak.

Menurut Tatu, saat ini masyarakat ingin pelayanan pemerintah yang sangat cepat dan tepat, sehingga harus memanfaatkan teknologi dengan baik. Pemkab Serang, kata dia, ingin bekerja sama dengan BSSN karena bagian dari tim SPBE. “Saat ini beberapa pelayanan kami lakukan secara online. Sistem ini dilakukan karena kami punya semangat sama, menghindari praktik korupsi dan kolusi,” kata Tatu dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5/2019).

Tatu juga meminta BSSN untuk membimbing dalam pemanfaatan data pemerintahan, serta penguatan sistem keamanan jaringan dan website Pemkab Serang. “Kami berharap bisa menjadi daerah yang bisa menjadi pilot project BSSN. Insya Allah, kami siap berkomitmen meningkatkan pelayanan yang lebih baik,” ujarnya.

Kepala BSSN Djoko Setiadi mengatakan, penerapan e-government bukan hal baru, terutama dalam birokrasi pemerintah. Namun pemberlakuan SPBE merupakan babak baru sistem pemerintahan. “Saat ini digitalisasi pelayanan juga bagian dari penerapan reformasi birokrasi.” ujarnya.

Kata Djoko, BSSN menargetkan seluruh daerah bisa menerapkan smart city dan SPBE. “Saat ini memang ada daerah yang kami jadikan pilot project. Kami siap membantu dan membimbing daerah untuk meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

sumber : https://daerah.sindonews.com/read/1402583/174/mantapkan-e-goverment-pemkab-serang-gandeng-bssn-1557328414

Posting Komentar

0 Komentar