Pemkab Berikan Layanan Internet Gratis Masyarakat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Pemkab Gunungkidul memberikan fasilitas internet gratis di seluruh pelosok desa dan tujuannya untuk menerapkan konsep kota cerdas smart city semakin nyata. Salah satu yang terbaru adalah mulai dioperasikannya fasilitas free wifi atau pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan di sejumlah titik di Kecamatan Purwosari yang merupakan wilayah perbatasan dengan Kabupaten Bantul.

“Pemasangan fasilitas internet gratis di Kecamatan Purwosari ini merupakan bagian dari mempercepat penerapan konsep smart city,” kataKepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Kelik Yuniantoro kepada KRJOGJA.com, Jumat (03/05/2019).

Tidak hanya di Kecamatan Purwosari, nantinya beberapa desa di kecamatan lain sebanyak 18 kecamatan juga akan merasakan hal yang sama, sehingga pelayanan dan pemberian fasilitas terhadap masyarakat akan semakin baik, cepat dan bermanfaat. Percepatan layanan infrastruktur internet gratis ini dilatarbelakangi oleh kesadaran semua pemangku kebijakan di Pemkab Gunungkidul bahwa di era modernisasi ini, internet sudah menjadi kebutuhan dan tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat.

“Pelayanan online hingga informasi berbasis teknologi yang membutuhkan akses internet, mendorong pemkab Gunungkidul untuk dapat mengimbangi perkembangan zaman yang ada,” imbuhnya.

Dari target 144 desa tersebut terlayani internet gratis, hingga saat ini sudah terdapat 60 desa yang memiliki akses internet gratis. Sementara 84 desa yang belum terpasang ini ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019 ini. Dalam pengadaannya, seluruh komponen yang dibutuhkan menggunakan dana APBD serta beberapa sumber dana lainnya.

Sementara untuk Kecamatan Purwosari pemberian fasilitas meliputi wifi gratis ini dipasang di 11 titik. Diantaranya di Balai Desa Girijati, Giriasih, Giritirto, Giricahyo dan Giripurwo; kantor Balai Penyuluh Pertanian; SD Negeri Nanas; SMP 1 Purwosari; Kantor PLKB; Kantor Kecamatan Purwosari, dan Gazebo Hotspot Area di Padukuhan Petoyan.“Kita harapkan dipasangnya wifi ini, selain bisa melayani masyarakat juga mengakselerasi pelayanan di masing-masing desa maupun kecamatan,” terangnya. (Bmp)

sumber : https://krjogja.com/web/news/read/98366/Pemkab_Berikan_Layanan_Internet_Gratis_Masyarakat

Posting Komentar

0 Komentar