Permudah Warga, Kelurahan Pati Kidul Ciptakan Aplikasi Suket Online

KREATIF: Sekretaris Kelurahan Pati Kidul menunjukkan aplikasi Suket Online Senin (29/4) kemarin. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)
KOTA – Surat keterangan (Suket) Online diciptakan Kelurahan Pati Kidul. Aplikasi itu untuk memudahkan warga tak harus pergi ke kelurahan jika ingin mengurus suket ke kelurahan. Selain itu, juga terintegrasikan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kedepan, aplikasi itu rencananya akan diaplikasikan ke seluruh daerah.

Sekretaris Kelurahan Pati Kidul Nilam Ristiana sebagai pencetus aplikasi tersebut mengatakan, aplikasi tersebut bermula melihat warga yang antri dan harus ke kelurahan untuk mengurus administrasi. Dari sana, ia bekerjasama dengan berbagai instansi lain mewujudkan aplikasi itu.

Menurutnya, aplikasi itu mulai dibuat pada Maret lalu dan sudah diluncurkan kemarin. Kelurahan Pati Kidul sebagai pilot project sudah mengaplikasikannya. Dari 12 jenis pelayanan, baru ada lima pelayanan paling banyak dicari sudah bisa menggunakan suket online. Sedangkan aplikasi lainnya bertahap.

“Ada jangka pendek dan menengah, kami bekerjasama dengan Kecamatan Kota untuk diaplikasikan ke semua kelurahan. Kemudian jangka panjangnya ini diaplikasikan ke semua desa di Kecamatan Kota dan kecamatan lainnya di Pati. Dari pemkab sangat mendukung karena mendukung program smart city dari pak bupati,” tuturnya kemarin.

Nilam menjelaskan, sistem dari suket online itu pelayanannya secara manual. Untuk layanan suket online memanfaatkan sub domain pemkab. Sehingga warga bisa mengakses dan mendaftar langsung. Disana ada form yang harus diisi pendaftar dan mencantumkan nomor telepon.

“Di admin kelurahan ada yang melakukan verifikasi data pendaftar. Jika sudah sesuai, maka akan memberitahukan kepada warga melalui telepon. Warga bisa datang ke kelurahan sambil membawa surat pengantar dari RT/RW,” lanjutnya.

Suket online itu memudahkan warga mengurus administrasi. Sehingga tak harus bolak-balik ke kelurahan. Jadi bisa mendaftar melalui online di dalam rumah atau dimanapun. Jika sudah selesai, petugas akan menghubungi melalui telepon dan suket bisa diambil tanpa harus mengantri panjang.

sumber : https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/05/01/134813/permudah-warga-kelurahan-pati-kidul-ciptakan-aplikasi-suket-online

Posting Komentar

0 Komentar