Realisasi Smart City, Diskominfo Resmikan Wifi Gratis di Malahing

Serah terima plakat wifi gratis oleh Diskominfo Bontang kepada warga RT 30 Kampung Malahing, Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan. FOTO: DARWIN/KLIKBONTANG
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang meresmikan fasilitas wifi gratis di Kampung Malahing, salah satu pemukiman di wilayah pesisir Kota Bontang, Senin, 29 April 2019.
Ini upaya memenuhi kebutuhan akses internet bagi warga pesisir yang sebelumnya juga sudah terlaksana di Pulau Gusung, Tihi-tihi, Selangan dan Lok Tunggul. Mengingat komunikasi hingga memperoleh informasi, semua semakin mudah dengan adanya internet dan selaras dengan Smart City yang digagas Pemkot Bontang.
Kasi Infrastruktur dan Teknologi Diskominfo Bontang, Saludin menyampaikan program wifi gratis telah berjalan sejak 2017 lalu untuk peningkatan pendidikan. Selaras dengan program Smart City Pemkot Bontang.
"Di sini memang agak terhambat karena awalnya memang hanya untuk sekolah negeri di pesisir kemudian atas berbagai pertimbangan hasilnya SD YPPI mendapat manfaatnya," jelasnya.
Ia melanjutkan, usai survei yang dilakukan pada akhir tahun lalu maka mulai dibangunlah fasilitas wifi gratis di Kampung Malahing. Terhambatnya penyaluran wifi fasilitas ini ditengarai lantaran perlengkapan yang kurang memadai.
"Syukur Alhamdulillah dari berbagai persiapan yang telah dilakukan Diskominfo, kini fasilitas ini dapat dinikmati warga Malahing," terangnya.
Ia berpesan kepada warga agar turut menjaga fasilitas-fasilitas yang sudah dibangun di Kampung Malahing. Khususnya perlengkapan penunjang wifi yang berkecepatan 10 Mbps itu.
Ketua RT 30 Malahing, Nasir Lakada menyebut warganya telah lama mendambakan adanya fasilitas wifi gratis ini. "Suatu kesyukuran dan kebanggaan bagi kami dipasangkan wifi gratis oleh Pemkot. Kami mengucap terima kasih kepada Diskominfo Bontang," ucapnya.
Sementara itu, Suwardi, Guru SD YPPI Malahing mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas wifi gratis. Namun, komputer yang dimiliki sekolah belum compatible untuk mengakses jaringan internet.
"Dibentuknya jaringan internet ke pelosok supaya kami bisa mendapatkan akses jaringan yang cepat. Terima kasih Diskominfo Bontang," ungkapnya.
Jaringan internet sangat berarti bagi sekolah yang kerap membutuhkan literatur tambahan untuk diajarkan kepada siswa. Melalui fasilitas ini, para guru dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Pun demikian, Ia berharap agar jaringan wifi dapat tersedia setiap saat dan bukan hanya pada waktu-waktu tertentu atau diluar jam belajar siswa. ***

Posting Komentar

0 Komentar