Seskoal dan ITB Jalin Kerjasama Wujudkan Revolusi Industri 4.0

Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) mewujudkan TNI AL di Era Revolusi Industri 4.0. atau Navy 4.0, Jumat (3/4/2019).

Piagam Perjanjian Kerja Sama (PKS) ditandatangani bersama oleh Komandan Seskoal Laksda TNI DR. Amarulla Octavian, ST, M.Sc, DESD dan Rektor ITB Prof. DR. Kadarsah Suryadi, DEA di hadapan para pejabat utama Seskoal dan staf ITB.

Dalam waktu dekat kedua institusi akan memasuki tahap finalisasi pembuatan program aplikasi (start up) Ocean Crime Prevention System (OCTOPUS) untuk meningkatkan efektivitas operasi laut yang digelar TNI AL.

“Program aplikasi tersebut memiliki keunggulan mampu memperkirakan wilayah perairan mana saja yang rawan terhadap berbagai bentuk pelanggaran dan tindak pidana di laut selama tiga hari ke depan,” ujar Komandan Seskoal Laksda TNI DR. Amarulla Octavian, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (4/3/2019).

Menurutnya, kerjasama di bidang pendidikan meliputi pertukaran dosen dalam beberapa mata kuliah tertentu, pertukaran dosen dalam penyusunan tesis atau disertasi, program seat in bagi para Perwira Mahasiswa Seskoal dan mahasiswa ITB.

Kerjasama di bidang penelitian meliputi penelitian bersama untuk pengembangan teknologi tanpa awak di laut baik UAV, USV (Unmanned Surface Vehicle) maupun USSV (Unmanned Sub Surface Vehicle), naval nano technology untuk konstruksi pangkalan TNI AL dan pangkalan Marinir sesuai military specification.

Kerjasama juga meliputi akses perpustakaan (e-library) dan publikasi artikel-artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
Para Perwira Mahasiswa dan dosen Seskoal juga memperoleh kesempatan untuk memanfaatkan beberapa laboratorium ITB untuk kepentingan penelitian dan penyusunan tesis.

“Rencana kerjasama ke depan yang saling menguntungkan juga diproyeksikan sebagai bagian terintegral Seskoal untuk meraih akreditasi internasional,” demikian dikatakan Komandan Seskoal Laksda TNI DR. Amarulla Octavian.(MRZ)

sumber : https://tangerangonline.id/2019/05/04/seskoal-dan-itb-jalin-kerjasama-wujudkan-revolusi-industri-4-0/

Posting Komentar

0 Komentar