• Breaking News

    Focus Group Discussion Digital Melayani 2019

    Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado bekerjasama dengan PT. Senjaya Solusi Sekurindo menggelar Focus Group Discussion (FGD) Digital Melayani (DiLAN), Rabu 21 Agustus 2019 di Hotel Aston Manado, tema "Innovative Solutions About Security Systems For Digital Government Services", dengan menghadirkan narasumber, Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Erwin Kontu, Timotius selaku Direktur PT. Senjaya Solusi Sekurindo , Reiner selaku System Engineer PT Panasonic Gobel Indonesia dan peserta para Kepala Dinas Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara, Akademisi (Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Negeri Manado).
    Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo Kota Manado Heintje Lombone membacakan laporan kegiatan terkait Pemerintahan yang berbasis digital atau digital melayani, adalah sistem pemerintahan yang berbasis teknologii digitalisasi untuk inovasi e-government yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan dari lembaga pemerintah kepada masyarakat melalui pelayanan online.

    Kegiatan FGD Digital Melayani dilaksanakan dengan maksud untuk memperkenalkan kepada seluruh ASN dan masyarakat tentang sistem keamanan (Security System) melalui pemantauan CCTV/Video Surveillance dalam mengintegrasikan seluruh aspek layanan public dalam upaya menuju smart city, sehingga dari hasil FGD peserta diharapkan memahami sistem keamanan melalui pemantauan CCTV/Video Survillance.

    Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Manado Nora Lumentut mewakili Walikota Manado membuka kegiatan FGD Digital Melayani 2019. Dalam sambutanya, Nora Lumentut menyampaikan satu hal yang tetap yaitu perubahan, perubahan tidak harus membuat kita berubah untuk tidak berguna bagi orang lain, perkembangan teknologi maju harus berguna bagi masyarakat khusunya untuk pelayanan publik, teknologi hanya alat, yang lebih penting adalah peningkatan SDM untuk memanfaatkan teknologi tersebut.

    Nora Lumentut juga menyampaikan Kota Cerdas bukan sekedar infrastruktur teknologi yang maju tapi juga masyarakatnya harus cerdas.

    Selanjutnya Direktur PT. Senjaya Solusi Sekurindo memaparkan terkait manfaat CCTV/Video Surveillance, CCTV hanya pengawasan awal, tetapi bagaimana nantinya data yang dihasilkan dapat dianalisa dan diperoleh informasi yang lebih berguna, artinya CCTV yang digunakan mempuyai komponen analitik dan CCTV yang sudah bisa enkripsi data pada saat pengiriman paket ke server.

    Kemudian para akademisi yang tergabung dalam Tim Teknis Manado Smart City menyampaikan mengenai konsep smart city yang intinya adalah kepada masyarakat, kita harus kembali ke konsep sebenarnya dalam smart city yaitu lebih ke pelayanan publik, kemudian pengintegrasian data sehingga masyarakat dimudahkan dalam berbagai urusan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi lewat aplikasi yang sudah dibangun dan masyarakat merasa aman dalam mengunakan teknologi yang ada.

    Turut hadir juga Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi Franky Mocodompis yang juga memimpin jalannya diskusi, Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Aplikas Grace Wowiling, Kepala Seksi Pemberdayaan Informatika Asni Djapai.


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad