Mantap! 78,6% Perusahaan Setuju Transformasi Digital

Mantap! 78,6% Perusahaan Setuju Transformasi Digital. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)
Pemerintah telah meluncurkan inisiatif Making Indonesia 4.0 untuk mengimplementasikan beberapa strategi digital dalam rangka transisi industri-industri di Indonesia menuju era Industri 4.0. Industri makanan dan minuman, otomotif, elektronika, kimia, tekstil, dan garmen menjadi kunci dalam peta jalan itu.

Menurut survei Asia IoT Business Platform (AIBP), inisasi pemerintah itu disambut baik oleh perusahaan lokal di dalam ekosistem sektor Industri 4.0. Contohnya, 43,1% respons lokal dari industri manufaktur dan 46,2% dari industri logistik yakin transformasi digital telah diimplementasi di dalam satu atau lebih area fungsional perusahaan.

"Berdasarkan survei terbaru kami, perusahaan-perusahaan di dalam pusat kekuatan manufaktur tradisional di Asean, Indonesia, dan Thailand telah lebih banyak merasakan manfaat dari pengimplementasian proyek-proyek transformasi digital dan teknologi IoT," kata Direktur AIBP, Irza Suprapto, Kamis (11/7/2019).

Survei itu pun menunjukkan, perusahaan-perusahaan di Indonesia (8,9%) dan Thailand (10,7%) telah merasakan manfaat dari pengimplementasian solusi transformasi digital. Angka itu lebih tinggi dibanginkan dengan Vietnam (2,1%), FIlipina (2,8%), dan Malaysia (5,1%).

Irza menyampaikan, "lni konsisten dengan apa yang telah kami saksikan selama 3-4 tahun terakhir, di mana perusahaan-perusahaan dari kedua negara paling banyak berinvestasi dalam teknologi dan mulai menuai hasilnya sekarang."

Lebih lanjut, hanya ada 9% enterprise yang belum mengimplementasikan transformasi digital pada bisnis mereka. Sebanyak 78,6% juga setuju perusahaan mereka harus terhubung dan menggunakan otomatisasi, analisis data yang canggih, dan berbagai alat digital lain guna meningkatkan proses dan operasional perusahaan.

Untuk mendiskusikan hal itu lebih lanjut, AIBP akan menggelar Konferensi AIBP ke-32 pada 28-29 Agustus 2019 di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Tahun ini perhelatan itu mengangkat topik "Indonesia 4.0" yang didorong oleh Kementerian Perindustrian RI dan "Smart City & Digital Economy" dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Posting Komentar

0 Komentar