• Breaking News

    Masuk ke Revolusi Industri 4.0, Unikama Wajibkan Tiap Prodi Lakukan Pembelajaran E-Learning Semester Depan

    KOTA MALANG – Perubahan sistem informasi dan literasi imbas revolusi industri 4.0 menjadi perubahan yang harus terus diikuti di era sekarang, khususnya di bidang pendidikan. Pasalnya jika tidak, para civitas akademika khususnya dosen akan ketinggalan atau mungkin kalah saing dengan mahasiswanya sendiri yang bisa dibilang lebih millenial.

    Pentingnya akan hal ini dilirik langsung oleh Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dengan mengadakan seminar bertajuk Tinjauan Kurikulum dan Proses Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0 yang diwajikan untuk diikuti dosen-dosen mereka.

    Dr Ir Endrotomo MT Ars, yang Jumat, (19/7) ini dipilih menjadi narasumber dihadirkan langsung ke Auditorium Multikultural, Unikama. Pria yang juga Dosen di Universitas Ciputra ini dengan gamblang menyebut shifting ini nantinya bakal berdampak pada mahasiswa yang bakal belajar secara lebih individual karena ketersediaan informasi yang lebih mudah lewat berbagai platform.

    “Tetapi positifnya mereka akan punya akses kepada dosen, kapanpun,” sebutnya.

    Poin penting dari Endrotomo adalah tidak semua kini bisa diajarkan, tetapi semua hal bisa dipelajari. “Maka biarlah mahasiswa-mahasiswa ini yang aktif mempelajarinya, dosen tetap berperan sebagai pengarah,” tuturnya.

    Wakil Rektor, Dr Sudi Dul Aji MSi menyebut acara ini berguna bagi dosen-dosen Unikama. Ia mengatakan materi tentang revolusi industri memang sangat urgent untuk pembentukan kurikulum pembelajaran ke depan.

    “Untuk memberikan pemahaman kepada teman-teman pejabat akademik untuk bisa menyusun tinjauan kurikulum yang nanti akan dibulatkan 2019-2020,” katanya.

    Sudi juga menyebut berharap ada hal yang bisa ditularkan narasumber yang dihadirkan terkait adanya perubahan paradigma yang nantinya bisa dijalankan di dalam proses pembelajaran di Unikama. “Apalagi dengan teknologi-teknologi yang baru ini,” tutupnya.

    Khususnya E-learning, Unikama memang sedang menuju kesana lewat Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). “Sudah kita siapkan, dan kita wajibkan untuk semester depan setiap prodi ada 3 mata kuliah yang di SPADA kan,” tutupnya.

    Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si pun dalam sambutannya berharap implementasi dengan merumuskan kurikulum di tiap Prodi oleh pejabat terkait proses pembelajaran di Unikama yang mengacu pada kemajuan teknologi dan Revolusi Industri 4.0 ini bisa segera dijalankan.

    “Karena sekarang sudah masuk bulan Juli, targetnya september sudah harus diimplementasikan,” sebut pria berkacamata ini.

    Sumber : https://radarmalang.id

    2 komentar:

    1. bekali mahasiswa dengan berbagai macam keahlian agar bisa menghadapi revolusi industri 4.0. selengkapnya : http://news.unair.ac.id/2019/10/04/sembilan-keahlian-yang-harus-dimiliki-mahasiswa/

      BalasHapus
    2. bekali mahasiswa dengan berbagai macam keahlian agar bisa menghadapi revolusi industri 4.0

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad