• Breaking News

    Apa itu Revolusi Industri 4.0? Berikut Pengertian & Contohnya

    Mengetahui Revolusi Industri 4.0

    Revolusi industri telah terjadi sejak tahun 1750-an dan terus berlanjut sampai sekarang. Dimulai dari mesin uap yang mendominasi industri saat itu, dari kereta sampai mesin penggerak turbin. Dan sekarang memasuki revolusi industri ke 4, semuanya telah berubah secara dramatis. Tren otomatisasi, pertukaran data terkini, komputasi awan, Internet of things (IoT), kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan semua hal virtual yang mampu memudahkan kegiatan operasional kita. Hampir semua hal.
    Ada empat prinsip rancangan dalam Revolusi Industri 4.0. Prinsip-prinsip ini membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengimplementasikan skenario-skenario dalam revolusi Industri 4.0
    • Interoperabilitas (kesesuaian): Kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan satu sama lain lewat Internet of Things (IoT) atau Internet of People (IoP).
      IoT akan mengotomatisasikan proses ini secara besar-besaran
    • Transparansi informasi: Kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor. Prinsip ini membutuhkan pengumpulan data sensor mentah agar menghasilkan informasi konteks bernilai tinggi.
    • Bantuan teknis: Pertama, kemampuan sistem bantuan untuk membantu manusia dengan mengumpulkan dan membuat visualisasi informasi secara menyeluruh agar bisa membuat keputusan bijak dan menyelesaikan masalah genting yang mendadak. Kedua, kemampuan sistem siber-fisik untuk membantu manusia secara fisik dengan melakukan serangkaian tugas yang tidak menyenangkan, terlalu berat, atau tidak aman bagi manusia.
    • Keputusan mandiri: Kemampuan sistem siber-fisik untuk membuat keputusan sendiri dan melakukan tugas semandiri mungkin. Bila terjadi pengecualian, gangguan, atau ada tujuan yang berseberangan, tugas didelegasikan ke atasan.

    Saat ini, Konsumen Berharap Lebih Dari Sekedar “CUKUP”


    Tahukah Anda, bahwa konsumen pada saat ini berharap mendapat jawaban kapan saja, dan di platform mana pun yang mereka pilih. Entah mereka men-tweet, mengirim email, mengobrol, atau menelepon, mereka menginginkan layanan yang instan dan personal.
    Jadi, apakah Anda bisa menciptakan hal tersebut pada bisnis Anda?
    Teknologi di sekitar kita telah berevolusi, membawa harapan pelanggan dengan mereka. Ingat saja, 20 tahun yang lalu tidak ada perusahaan seperti Google, Alibaba, Facebook, Twitter, YouTube, Uber, Airbnb, Salesforce, Snapchat, Instagram, Fitbit, Spotify, dan WeChat.
    Korelasinya dengan bisnis Anda adalah layanan yang diberikan perusahaan-perusahaan diatas telah meningkatkan standar untuk pengalaman pelanggan. Bagaimana Anda bisa berpikir pelanggan akan rela menunggu ketika mereka terbiasa dengan kecepatan interaksi di media sosial? Atau ketika jawaban untuk pertanyaan apa pun adalah satu pencarian Google?
    Dan jangan lupakan generasi milenial. Mereka tumbuh di teknologi digital, dan sekarang mereka mencapai lebih dari setengah tenaga kerja.  Sebagai konsumen, mereka mengharapkan bisnis yang dapat  mengantisipasi kebutuhan mereka dan memberikan pelayanan yang memuaskan. Agar berhasil, bisnis perlu beralih dari model transaksional, yang hanya berfokus pada penjualan produk, ke model hubungan, yang dibangun di sekitar layanan penjualan dan menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan.

    Data Adalah Mata Uang Baru

    Setiap hari, miliaran orang berbagi secara online. Mereka memposting gambar, video, dan status. Mereka mengirim pesan teks. Mereka menyukai pembaruan orang lain.
    Bagaimana mereka membagikan semua itu? Tentunya karena mereka menggunakan perangkat yang terhubung ke internet. Miliaran orang berbagi dan diterjemahkan ke miliaran perangkat dengan sensor yang tertanam, mengirim triliunan sinyal real-time ke cloud. Hal-hal seperti koordinat GPS, data berbasis lingkungan (environmental data), clickstream, dan data kesehatan.
    Hasilnya adalah? Data. Banyak sekali data.
    Semua data ini seperti makanan untuk kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan mendorong inovasi pada  jumlah produk dan layanan yang terus bertambah. Semakin banyak data yang Anda miliki, semakin baik prediksi yang Anda diperoleh.
    Algoritma pembelajaran mesin dapat menganalisis miliaran transaksi dan variabel ini untuk membuat bisnis lebih cerdas. Mereka dapat membantu bisnis mengantisipasi tren dalam permintaan konsumen, mempersonalisasikan promosi untuk masing-masing pelanggan, dan mengoptimalkan harga.

    Berikut adalah beberapa contoh inovasi pembelajaran mesin, yang digunakan berbagai macam industri:

    Ritel : Menyoroti sentimen konsumen terhadap merek atau memprediksi pelanggan mana yang cenderung membeli produk tertentu.
    Manufaktur : Mengoptimalkan operasi rantai suplai dan memprediksi kegagalan suku cadang mesin.
    Agen Perjalanan : Rencanakan liburan dengan kecerdasan Ai.
    Medis : Membantu dokter dalam mengidentifikasi berbagai jenis sel kanker dan menemukan kelainan intrakranial secara real time.


    Jadi sekarang, mari  mengenal lebih jauh industri yang telah berubah akibat revolusi industri 4.0 ini

    revolusi industri merubah ceruk alat transportasi

    Transportasi

    Layanan transportasi berbasis daring telah ada di berbagai sektor industri. Mulai dari sarana transportasi untuk penumpang dan barang.  Layanan seperti Go-jek dan Grab adalah transformasi dari industri transportasi formal. Dengan salah satu layanan ini, Anda dapat menggunakan ponsel Anda untuk:
    1. Pesan mobil untuk membawa Anda ke tujuan tertentu
    2. Lacak kendaraan saat menuju ke arah Anda
    3. Dapatkan informasi tentang kendaraan, pengemudi, dan harga perjalanan
    Kemajuan dalam kecerdasan buatan, kemajuan internet, green energy, dan teknologi lainnya dapat meningkatkan keselamatan bagi pengemudi dan pejalan kak. hal ini juga berpotensi meningkatkan penggunaan transportasi umum dan layanan transportasi daring lebih besar. Perubahan ini dapat mengakibatkan kemacetan dan polusi berkurang, perjalanan lebih cepat dan lebih murah, dan tentunya hidup yang lebih baik
    revolusi industri mengubah gaya belanja

    Retail

    Dalam retail, personalisasi mengubah segalanya. Penjualan, layanan, dan pemasaran, berada dalam satu garis dan menciptakan pengalaman konsumen yang lebih personal. Tentunya hal ini didukung oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Revolusi Industri merubah itu semua.
    Agen layanan pelanggan virtual dapat menjawab pertanyaan konsumen  dan membuat rekomendasi cerdas untuk pelanggan. Algoritma pembelajaran mesin dapat menganalisis miliaran sinyal untuk merekomendasikan panggilan layanan pelanggan ke agen yang paling tepat.
    Menggunakan perangkat augmented reality, seperti kacamata pintar atau perangkat lainnya yang dapat dikenakan, pembeli dapat melihat produk di toko dan melihat data yang relevan muncul dalam penglihatan mereka. Lalu virtual reality  juga dapat menambah efisiensi. Contohnya adalah sebelum Anda berbelanja pakaian,  Anda dapat  mencoba pakaian yang berbeda  tanpa harus meninggalkan kamar tidur Terdengar tidak mungkin bukan? tapi percayalah ini sedang dikerjakan.
    Saat ini, kebanyakan sistem pembelanjaam di toko daring adalah: Anda memesan terlebih dahulu, dan barang-barang dikemas lalu dikirim kepada Anda. Untuk saat ini itu hebat, namun artificial intelligence dan teknologi prediksi kedepannya akan sangat mengagumkan, berkembang lebih gila. Adalah Amazon yang akan mengembangkan hal ini. Amazon akan tahu apa yang Anda butuhkan sebelum Anda membutuhkannya. Amazon sedang membangun konsep baru, yaitu “pengiriman lalu belanja.” Anda menerima barang, dan mengirim kembali apa yang tidak Anda inginkan. Kehebatan artificial intelligence berperan besar disini

    revolusi industri mengubah kebiasaan finansial

    Keuangan

    Lembaga keuangan juga termasuk jenis usaha yang terkena dampak revolusi industri. Banyak lembaga keuangan menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi penipuan dan ekuitas penelitian. Mereka bahkan menggunakan data dari pembelajaran mesin untuk mengelola hubungan klien. Misalnya, kecerdasan buatan membantu penasihat keuangan memprediksi prospek mana yang paling berharga dalam siklus penjualan, memutuskan tindakan terbaik berikutnya, dan membuat layanan pelanggan yang sangat pribadi berdasarkan sasaran keuangan, peristiwa kehidupan, dan variabel lain khusus untuk setiap pelanggan.
    Industri perbankan sedang mengalami perubahan besar akibat revolusi industri ini. Cabang-cabang menghilang, persaingan baru memasuki industri dengan sangat cepat. Apa sekarang bank terlihat sperti 10 tahun lalu? dan bagaimana dengan cryptocurrency?

    revolusi industri mengubah dunia asuransii

    Asuransi

    Industri asuransi mulai menggunakan data dari perangkat yang dikenakan untuk memantau kesehatan, dan sensor yang melacak kebiasaan mengemudi untuk menentukan harga dan mendorong kebiasaan yang lebih aman bagi pemegang polis. Orang-orang dengan kesehatan yang lebih baik atau catatan mengemudi yang bagus tentunya membayar premi lebih sedikit.  Sensor di mobil dapat langsung mengingatkan pengemudi akan adanya kesalahan potensial dengan kendaraan. Data ini juga dipakai untuk perusahaan asuransi jika terjadi kerusakan akibat kecelakaan dan memungkinkan mereka untuk langsung menghubungi pengemudi untuk memulai proses klaim.

    revolusi industri mengubah sektor pertanian

    Pertanian

    Sistem mesin bertenaga Artificial intelligence (AI) dapat mengukur populasi tanaman dan mendeteksi gulma atau hama tanaman, dan menggunakan penyemprot robot untuk secara tepat menerapkan herbisida. Tanaman rekayasa biologis mengarah ke hasil panen yang lebih besar dan obat-obatan baru, seperti obat antimalaria yang dihasilkan dari tanaman tembakau rekayasa genetika. Dalam revolusi industri terutama di sektor pertanian mereka lebih menekankan kepada hasil panen yang lebih cepat dan lebih sehat.

    dunia kesehatan dan revolusi industri

    Kesehatan

    Obat presisi membantu dokter menganalisis urutan genom pasien, riwayat medis, dan gaya hidup. Informasi itu, ditambah dengan data demografi dari sekelompok orang dengan kondisi serupa, serta penelitian terbaru, membantu dokter menciptakan perawatan dan terapi pencegahan yang unik bagi seorang individu.

    Kapan Masa Depan Akan Tiba?

    Dilangsir dari World Economic Forum Technology, titik perubahan dan dampak sosial dalam revolusi industri dan teknologi yang terjadi pada tahun 2025 dan yang terjadi adalah;
    • 10% pakaian yang manusia gunakan terhubung ke Internet
    • Apoteker robot pertama di AS
    • Mobil cetak 3D pertama dalam produksi
    • 5% dari produk konsumen dicetak dalam 3D
    • 90% dari populasi dengan akses reguler ke Internet
    • Mobil tanpa pengemudi populasinya 8% dari semua mobil di di dunia
    • Transplantasi pertama dari hati yang dicetak 3D
    • Lebih dari 50% lalu lintas Internet ke rumah untuk peralatan dan perangkat
    • Akan ada kota pertama dengan lebih dari 50.000 orang dan tidak ada lampu lalu lintas
    • Mesin AI pertama pada dewan direksi perusahaan

    Apa yang ada di masa depan?

    Ketika Revolusi Industri 4  telah terjadi, inovasi apa yang harus ada dalam bisnis Anda?

    Kemajuan dalam daya komputasi, kecerdasan buatan, robotik, dan ilmu material dapat mempercepat pergeseran menuju produk yang lebih ramah lingkungan dari semua jenis. Teknik fabrikasi digital, termasuk pencetakan 3D, dapat membawa manufaktur lebih dekat ke pelanggan dan membuat perawatan suku cadang lebih mudah dan lebih murah.
    Terobosan dalam bioteknologi dapat memungkinkan penggantian tulang dan organ yang dapat ditransplantasikan untuk ditumbuhkan dari sel induk pasien yang dicetak 3D. Ketika penemuan mengungkap tentang fungsi otak manusia, kita dapat melihat ke arah implan saraf dan antarmuka otak-mesin yang mengatasi penyakit kognitif dan berpotensi meningkatkan kecerdasan manusia.
    Teknologi energi baru dapat menciptakan sumber daya yang murah, berlimpah, dan berkelanjutan dan penyimpanan daya  untuk mengurangi ketergantungan planet ini dari bahan bakar fosil pertama. atau Artificial intelligence (AI) dapat menangani pekerjaan rumah tangga, membantu perawat, dan dan hal-hal yang tidak pernah Anda pikiran sebelumnya
    Skala dan luasnya inovasi teknologi merevolusi cara kita berbisnis. Selanjutnya, Anda harus mengeksplorasi bagaimana Revolusi Industri 4.0 dapat memengaruhi individu dan masyarakat. Namun Anda bisa melakukan langkah awal terlebih dahulu untuk menciptakan perubahan yang besar pada bisnis Anda. Contohnya adalah penggunaan aplikasi pencatatan keuangan yang efisien dan sudah teruji.
    Accurate online adalah pilihan yang tepat, software akuntansi berbasis cloud ini sudah dipakai mulai dari UKM sampai enttitas bisnis yang besar. Kini Anda bisa melakkukan pemantauan stok dan mengecek transaksi dimana saja dan kapan saja. Lakukan perubahan yang lebih baik pada bisnis Anda, sesuai dengan revolusi industri yang terjasi saat ini.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad