Dipasang Tap On Bus, Transjakarta Gratiskan Tiket di Beberapa Rut

Alat tap on bus di dalam armada Transjakarta. Foto: Istimewa

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai memasang sistem Tap On Bus (TOB) di rute Transjakarta berkode GR. Bus yang diberi kode ini adalah armada dengan layanan gratis yang disediakan Transjakarta di beberapa rute.

Pemasangan sistem tersebut juga dilakukan pada bus-bus pariwisata. Walau telah dilengkapi sistem TOB, bus transjakarta dan bus pariwisata itu tetap gratis untuk warga.

“Pelanggan harus punya kartu pembayaran elektronik sebelum menggunakan kedua layanan ini. Pelanggan juga bisa menggunakan kartu yang dikeluarkan Pemprov DKI, yaitu kartu JakLingko. Dengan satu kartu pelanggan bisa menikmati berbagai moda transportasi lainnya, salah satunya layanan Mikrotrans JakLingko,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Transjakarta, Nadia Diposanjoyo, Ahad (12/1).

Selain mempermudah masyarakat untuk menggunakan layanan ini, sistem tersebut juga dinyatakan mampu mempermudah PT Transjakarta untuk memperoleh data-data penumpang. Selain itu, Nadia menuturkan bahwa dengan sistem ini PT Transjakarta juga bisa merumuskan model angkutan baru yang bisa diminati oleh banyak orang.

“Tap in dan tap out perlu dilakukan pelanggan agar kami dapat memberikan layanan lebih baik. Informasi tap in di mana tap out di mana, membantu kami kami untuk dapat merumuskan formula layanan baru atau berbagai penawaran lain yang sesuai dengan kesukaan pelanggan, meskipun ini rute gratis,” tuturnya.

Pemasangan TOB merupakan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan cita-cita Jakarta sebagai smart city dan melahirkan upaya mandiri bertransportasi. Tujuan pemasangan alat tersebut ialah agar penumpang yang menaiki bus gratis ini tak perlu lagi mengantri untuk mengambil karcis dari petugas, mereka hanya perlu menempelkan kartu elektronik ke mesin yang telah disediakan di setiap armada.

Adapun rute GR dan Rute Wisata Mulai diberlakukan TOB adalah:

Rute GR1. Bundaran Senayan – Harmoni

Rute GR2. Tanah Abang Explorer

Rute BW1. Wisata Sejarah Jakarta

Rute BW2. Wisata Jakarta Modern

Rute BW3. Wisata Kesenian dan Kuliner

Rute BW4. Wisata Pencakar Langit Jakarta

Rute BW5. Wisata Ruang Terbuka & Kalijodo

Rute BW6. Wisata Cagar Budaya Jakarta

Rute BW7. Wisata Belanja Jakarta

sumber:https://indonesiainside.id/metropolitan/2020/01/12/dipasang-tap-on-bus-transjakarta-gratiskan-untuk-warga-di-beberapa-rute

Posting Komentar

0 Komentar