Jepang Siap Kembangkan 6G, Robot Bisa Rawat Manusia dari Jauh?

[Ilustrasi] Jepang siap mengembangkan konektivitas 6G yang kecepatannya diharapkan 10 kali dari 5G. (YouTube/ Phonly)
JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jepang siap mengembangkan konektivitas 6G yang kecepatannya diharapkan 10 kali dari 5G. Hal itu berarti jaringan 6G di Jepang bisa mencapai sekitar 50 hingga 100 Gbps. Menurut laporan dari Nikkei, Jepang telah merencanakan strategi komprehensif untuk teknologi "post-5G" atau 6G.

Mereka mengklaim bahwa kecepatan jaringan 6G di tahun 2030 bisa mempunyai kecepatan 10 kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan konektivitas 5G saat ini. Laporan tersebut menyatakan bahwa Cina, Korea Selatan, dan Finlandia telah memulai penelitian serta pengembangan pada segmen yang sama. Secara mengejutkan, Jepang terlihat "lambat" dalam mengadopsi teknologi 5G.

Itu sebabnya Jepang ingin menebusnya dengan dorongan awal yang lebih cepat untuk menuju 6G. Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang akan membentuk penelitian berbasis masyarakat-pemerintah pada Januari 2020 di bawah pimpinan Universitas Tokyo Goshinjin. Orang-orang dari NTT (Nippon Telegraph and Telephone) dan Toshiba juga akan diundang dalam pembahasan lebih lanjut mengenai kinerja jaringan 6G pada bulan Juni 2020. Dikutip dari Gizmochina, Jepang mengklaim bahwa teknologi "post-5G" atau 6G dimungkinkan untuk menggambarkan masyarakat masa depan. Gambar stereoskopis individu akan muncul dari ruang konferensi (video virtual 3D) dan robot yang bisa merawat orang dari jarak jauh. Jepang akan menginvestasikan 2 miliar dolar AS atau Rp27,3 triliun dalam tahap awal penelitian dan pengembangan jaringan 6G.

sumber:https://www.ayobandung.com/read/2020/01/22/77152/jepang-siap-kembangkan-6g-robot-bisa-rawat-manusia-dari-jauh

Posting Komentar

0 Komentar